Saturday 10 May 2014

My Impulsive Trip: Thailand (Preparation)


Liburan kali ini awalnya ga direncanakan sama sekali. Saat di awal tahun 2014 ngeliat ada promo Air Asia ke Bangkok, mata saya langsung berbinar-binar. Emang sih bukan promo Free Seat, tapi paling ga, ngeliat penawaran ke Bangkok 'hanya' Rp 190 ribu membuat saya langsung memainkan jari untuk mencari jadwal penerbangan (lebih tepatnya tiket promo :p). Akhirnya ada dua pilihan yaitu di minggu pertama dan terakhir bulan April. Tung-itung saya memutuskan untuk pergi di minggu terakhir bulan April. Total tiket yang harus dibayar adalah Rp 1,2 juta. Tiket Jakarta-Bangkok Rp 190 ribu, Bangkok-Jakarta Rp 1 juta. Agak sedikit mikir, karena ngga dapet tiket pulang dengan harga Rp 190 ribu.

Tapi...keinginan yang menggebu untuk berlibur mengalahkan itu semua. Ah well, kapan lagi bisa dapet harga tiket segini. Biasanya kan tiket Jakarta-Bangkok pp harganya di kisaran Rp 2 juta. Daaannn...jadi aja gitu saya booking tiketnya, tanpa pikir panjang. That's why I called this trip: an impulsive trip. Hahaha. Right after I booked the ticket, I said to myself: After working hard last year, I think I deserve a treat for myself. And this trip is a part of it.

Sebulan menjelang keberangkatan, saya mulai rajin nyari-nyari hostel dan browsing untuk buat itinerary. Di masa itu sempet kepikiran memakai jasa Couchsurfing (web untuk dapat menginap secara gratis di suatu negara dengan request couch ke orang lokal), berhubung saya udah jadi member sejak beberapa tahun lalu, tapi masih pasif. Namun setelah dipikir-pikir lagi, akhirnya ngga jadi karena ngerasa kurang pede, hehehe.

Nah..berhubung di liburan kali ini saya pergi sendiri, sebenernya saya nervous juga. Soalnya, ini pertama kalinya saya pergi liburan ke luar negeri sendirian. Dulu emang pernah saya pergi backpacking sendirian ke Wakatobi, tapi itu kan masih wilayah Indonesia ya bu...So, it's not a big deal. Nah yang ini ke negara orang, bo. Tulisan yang dipake juga bukan abjad Latin, tapi tulisan yang udah mirip kayak cacing. Hadeuh. Karena impulsifnya saya saat liat promo itu, belakangan baru kepikiran hal-hal yang kayak gitu, hehehe.

Akhirnya demi mencari temen traveling, saya langsung memutuskan gabung di Backpacker Indonesia (BPI). Pas nyari-nyari, ketemu dengan seorang backpacker bernama Tira, yang tanggal keberangkatannya sama dengan saya. Bedanya saya sampe Bangkok jam 11 siang, Tira baru nyampe jam 8 malam. Yang bedanya lagi, saya baru pulang ke Jakarta hari Sabtu, Tira pulang hari Jumat. Jadinya cuma bisa jalan bareng di hari Kamis. Yo wis, ngga apa-apa juga lah ya... Yang penting ada temennya, hehehe. Ujungnya berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa saya pasti bisa!

Eniwei, dalam trip ke Bangkok kali ini saya memutuskan untuk menginap di hostel. Survei beberapa hostel yang murah via booking.com, hostelworld.com dan agoda.com. Mencoba mencari hostel yang strategis, dekat dengan stasiun MRT atau BTS. Sebenernya Thailand punya wilayah yang terkenal di kalangan backpacker, yaitu Khao San. Tapi pas tau kalo akses ke Khao San hanya bisa pake taxi atau tuk tuk, saya memutuskan untuk tidak ke sana. Bagi saya yang solo backpacking jatohnya akan berat di ongkos kalo setiap balik ke hostel harus naik taxi atau tuk tuk. Pilihan yang pas adalah naik BTS atau MRT.

Akhirnya setelah browsing selama beberapa hari, saya nemu dua hostel yang cocok, yaitu De Talak Hostel (dekat stasiun MRT Queen Sirikit Convention Center) dan VX Fifty (dekat stasiun BTS On Nut). Setelah menghitung ongkos transportasi dan kemudahan akses dari-ke bandara, saya akhirnya memutuskan untuk booking di De Talak Hostel via booking.com. Kenapa?

Maskapai Air Asia di Thailand kini menggunakan bandara Don Mueang sebagai pangkalannya. Dari hasil saya browsing, tidak ada stasiun BTS atau MRT di Don Mueang. Beda dengan bandara di Thailand yang satu lagi, Suvarnabhumi yang punya jalur Airport Link. Jadi, pilihan moda transportasi dari Don Mueang ke Bangkok adalah taksi, bis, atau kereta. Opsi naik taksi udah pasti dicoret dari daftar saya, karena rata-rata biaya naik taksi Don Mueang-pusat kota adalah 300-400 baht (Rp 110 ribu-Rp145 ribu). Mahal buat saya yang pengen ngirit :p.

Tersisa dua pilihan, yaitu naik kereta dan bis no 29 yang tujuan akhirnya sama, yaitu Hua Lamphong. Waktu tempuh perjalanannya kereta dan bis pun sama: 1 jam. Setelah mikir-mikir lagi, akhirnya saya memutuskan untuk naik kereta. Alasannya, saat di kota Bangkok saya akan beberapa kali naik bis untuk membawa saya ke spot-spot yang ada di itinerary, jadi kapan lagi naek kereta di Thailand? Udah jadi kebiasaan kalo lagi trip ke suatu tempat sebisa mungkin saya ingin mencoba semua moda transportasi yang ada. Maklum, sehari-hari saya naik angkutan umum. Jadi pengen ngerasain aja naik angkutan umum di tempat yang beda, hehehe. Eniwei, alasan kenapa saya akhirnya memilih De Talak yang dekat dengan stasiun MRT adalah karena di Hua Lamphong ada stasiun MRT. Jadi gampang kalo mo ke hostel. Dan ga rempong juga saat pulangnya. Ngga perlu transit MRT/BTS, keluar dari stasiun, bisa langsung naik bis atau kereta ke bandara.

Urusan hostel udah kelar, giliran beli tiket Madame Tussaud. Rekomendasi dari beberapa orang adalah membeli tiket Madame Tussaud lebih awal (early bird) via online agar lebih murah. Dari yang harga aslinya 800 baht bisa dapet 480 baht saja. Syaratnya: pesan dalam jangka waktu 30 hari sampai 24 jam sebelum kedatangan dan harus masuk ke Madame Tussaud sebelum jam 12 siang. Aaahh...cingcai banget kan syaratnya. Demi tiket murah, apa sih yang engga? Hahaha. Menjelang dua minggu sebelum keberangkatan, saya beli tiket Madame Tussaud. Bayar pake kartu kredit. Done.

Langkah selanjutnya adalah nuker rupiah ke baht. Beberapa kali ngecek di CIMB Niaga rata-rata ratenya 1 baht = Rp 400. Untungnya saya udah sempet kontak-kontakan sama Tira (temen BPI). Dia ngasih tau kalo rate itu kemahalan. Ada money changer yang lebih murah di ITC Kuningan. Akhirnya kita janjian buat nuker uang barengan.

Pas nyampe di ITC Kuningan kita langsung menuju money changer bernama Valuta Artha Mas di lantai 1. Ternyata di sana emang lebih murah dan ga jauh sama rate BI. Saya dapet 1 baht = Rp 359, sementara rate BI saat itu kalo ga salah Rp 356. Dibanding rate di CIMB Niaga, yang di Valuta Artha emang jadi best deal. Lumayan kaaan bedanya...hehehe. I owe you, Tira :). 

Eniwei, saya menetapkan budget awal untuk trip kali ini sekitar Rp 2 juta untuk 4 hari. Itu udah all in: bayar hostel, tiket masuk ke tempat wisata, biaya transport, makan dan belanja. Saya memutuskan menukarkan uang 5000 baht (Rp 1,8 juta). Insya Allah cukup. Namun Tira saat itu langsung nyeletuk "Yakin nuker uangnya cuma segitu, mba? Saya aja yang cuma 3 hari nukerinnya 6000 baht. Emang ngga mau belanja di sana?". Deeennggg... Saya jadi mikir lagi, hehehe. Emang sih tujuan utamanya bukan mau belanja, tapi kan siapa yang tau yah godaan apa yang menanti di sana, hahaha. Akhirnya saat itu saya memutuskan cukup dengan bawa 5000 baht saja.
Tas andalan. Packing kelar, paspor siap sedia :)

Tapi menjelang H-2 saya jadi galau lagi. Kira-kira cukup ngga ya bawa uang segitu? Walaupun udah budgeting biaya yang akan dihabiskan di sana, tapi saya hanya melebihkan sedikit uang sebagai dana darurat. Pada akhirnya saya pun menukarkan uang lagi. H-1 di pagi hari saya balik lagi ke ITC Kuningan. Sayangnya saat itu Valuta Artha Mas belum buka, jadilah saya ke money changer yang ada di sebrangnya. Saya lupa catet namanya. Tapi yang jelas disana saya dapet rate Rp 362. Yaahhh udah naik tiga poin dari rate yang saya dapet sebelumnya. Tapi, ya udahlah ya, daripada ga ada. Di situ saya nuker 1100 baht. Sengaja dilebihin 100 baht biar dapet receh buat naek kereta. Alhamdulillah beneran dapet receh, lima lembar 20 baht. Lumayan...

Urusan tiket, booking hostel, nuker uang, dan packing selesai. Thailand, here I come :)

1 comment:

  1. Yeay yeay yeay... nungguin post brikutnya. Gie special request, potonya yang banyak dong... hihihi

    ReplyDelete