Wednesday 3 December 2014

My Impulsive Trip: Tempat Makan Halal dan Mushola di Bangkok & Pattaya

Ketika memilih suatu destinasi wisata pasti sebagai seorang muslim akan mengalami kesulitan saat ngebolang ke negara minoritas muslim. Selain susah nyari makanan halal, pastinya nyari tempat solat yang nyaman juga susah. Makanya, saat saya memutuskan ke Thailand, saya nyari juga rekomendasi orang soal tempat solat dan makanan halal. Jadi, dimana saja?

1. Siam Center dan Siam Paragon
Di Mall Siam ini ada food court Food Republic dan juga musola. Sehabis dari Madame Tussaud bolehlah mampir untuk makan dan solat dulu di sini. Sebenernya di Food Republic yang ada di lantai 4 Siam Center ini saya ga melihat gerai yang secara eksplisit menunjukkan logo halal di depan gerainya. Namun, saya bertanya ke petugas di sana, dimana saya bisa menemukan makanan halal? Menurut arahannya, saya bisa nemu makanan halal di gerai yang menjual makanan Melayu-India. Maaf, saya lupa nama tempat makannya. Tapi, yang jelas kalau berkeliling gerai di sana bisa kelihatan kok kedainya dengan jelas, karena tempat makan itu setau saya satu-satunya yang menjual makanan kari. Di gerai itu ada banyak pilihan makanan berbumbu warna kuning. Ada ikan, daging sapi, daging ayam. Sudah lengkap dengan nasi. Saat itu saya memesan yellow rice with tuna seharga 70 baht.
Yellow rice with tuna in Food Republic
Selesai makan di Food Republic, waktu itu saya berombongan sama temen Backpacker Indonesia, Tira dan Lia, langsung ke musola yang ada di Lantai B1 (Basement) South Wing Siam Paragon. Bangunan Siam Center sama Siam Paragon saling terkoneksi, jadi ga usah keluar-masuk mal. Saat nyari musola ini kami sempet nyasar sih ke parkiran basement secara malnya gede banget, hehehe. Tapi, tanya aja petugas yang ada disana, mereka pasti akan membantu. Lokasinya sebenernya agak nyempil. Pokoknya ikutin aja arah ke toilet, musola terletak ga terlalu jauh dari sana. Ruangan musola di Siam cukup nyaman, hanya saja tempat wudhunya cuma ada satu. Jadi harus gantian antara cowo dan cewe. Tempat solatnya juga digabung dan tidak ada tirai pemisah. Kalau ga bawa mukena, di sana juga disediakan. Juga ada Al Quran.

2. MBK
Salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Bangkok ini bisa dibilang jadi 'surga' belanja buat mereka yang shopaholic. Namun, selain itu di sini juga ada fasilitas musolanya, loh... Di food court-nya yang bernama The Fifth Food Avenue juga menyediakan makanan halal. Untuk musola di MBK ada di lantai 6. Letaknya deket pintu ke arah parkiran mobil, di sebelah kiri.

Beda dengan musola di Siam Paragon yang letak solatnya cukup berjarak dengan pintu masuk musola, di MBK ini pintu langsung mengarah ke tempat solat. Pintu masuk wanita dan pria dipisah, tempat solatnya juga dipisah oleh sekat. Begitu juga dengan tempat wudhunya. Jadi ga perlu ngerasa risih, hehehe.

Nah, turun satu lantai dari musola ada The Fifth Food Avenue di lantai 5. Lokasinya ada di sisi berlawanan dari musola. Jalan terus aja, lalu turun satu lantai. The Fifth Food Avenue ada di ujung jalan. Ada petunjuk arahnya juga kok kalau mau kesana. Nah, di foodcourt ini ada 3 tempat makanan halal, yaitu menu masakan Indonesia di Jimbaran Bali (ada Nasi Bali dan Nasi Goreng di sini), menu Timur Tengah di Ali’s Arabic Cuisine (e.g: kebab) dan menu Thailand di Thai Muslim (e.g: Tom Yam).
Tom Yam and Thai Ice Tea :d
Harganya ukuran mal, diatas Rp 30 ribu. Waktu itu saya beli Tom Yam kalo ga salah 120 baht (Rp 44 ribuan). Untungnya waktu itu ada promo gratis Thai Ice Tea untuk wisatawan asing. Jadi bisa ngirit, hahahaha. Alhamdulillah banget emang karena pas lagi celingak-celinguk ga jelas di deket eskalator lantai 1, saya ngeliat ada banner yang ngasih tau ada gratis Ice Tea untuk wisatawan. Syaratnya cuma ngasih liat paspor. Fiuh, untunglah paspor selalu dibawa :). Petugas Fifth Food Avenue di Drink Bar Station cuma minta nomor paspor, asal negara, sama nama lengkap aja, setelah itu dapet deh satu gelas Ice Tea. Sayang, ga bisa refill, hahahaha.

3. Ban Oou Mosque
Mesjid ini letaknya strategis banget karena dekat dengan BTS Saphan Taksin dan Central Pier. Kalau naik BTS keluar aja di Exit 3, terus jalan kaki ke jalan besar yang ada disana. Begitu juga kalau dari Central Pier. Saat turun dari kapal, tinggal jalan kaki ke arah jalan utama. Di sebelah kiri, kamu akan menemukan deretan toko dan pedagang kaki lima. Nah, susuri aja trotoar di sana sekitar 200 meter sampai Robinson Department Store, terus belok kiri ke Soi Charoen Krung 46 (gang kecil pas di sebelah Robinson).

Waktu saya sampai di sana, jalanannya gelap karena udah sekitar jam 8-an. Agak ngeri dan takut nyasar sebenernya karena ngerasa belum nemu masjid yang dimaksud. Sampai akhirnya ngeliat ada bangunan di sebelah kiri yang kelihatan seperti masjid (ngeliat dari deretan rak sepatu dan bangku-bangku panjang didalamnya). Ga keliatan atapnya bentuk kubah (seperti umumnya masjid) atau ga, karena ga terlalu merhatiin. Saya pun memutuskan untuk masuk dan ternyata bener itulah Ban Oou Mosque.
Teras masjid. Gambar nge-blur karena masjid udah mau dikunci
Masjidnya mulai agak sepi, mungkin karena sudah malam. Yang jemaah salat Isya juga udah pada selesai. Tempat wudhunya udah jelas pasti dipisah. Di dalam masjid ruang solat pria dan wanita dipisah dengan tirai. Untuk ruang solat wanita hanya sepertiga ruangan dari luas masjid, kira-kira muat untuk sekitar 12-15 jamaah. Yang berbeda dengan tempat solat sebelumnya yang saya sambangi, disini saya bisa mendengar sayup-sayup orang membaca Al Quran walau bangunan masjid sangat sederhana. Tenang rasanya.

Ohya yang patut diperhatikan juga sepertinya masjid ini tidak selalu dibuka sampai larut malam. Buktinya pas saya sedang solat Isya tetiba lampu-lampu masjid mulai dimatiin satu per satu, padahal itu masih jam 8. Waakkkksss... Solat rakaat terakhir mulai ga konsen karena takut dikunciin di dalem, heuheu. Namun, entah akhirnya penjaga masjid ngeh saya masih di dalam atau karena alasan lain, dia nunggu di depan pintu masuk ruang solat. Pas udah selesai solat saya langsung keluar dan nyengir ke penjaga masjid, hehehe. Pas saya lagi pake sepatu di luar ternyata bener ruangan masjid langsung dikunci, pfiuh.

4. Central Festival Pattaya
Sebelumnya saya udah sempet browsing soal masjid dan makanan halal di Pattaya. Sebagian besar merekomendasikan tempat yang ada di South Pattaya Road. Untuk ke sana bisa naik songthaew, ojek, atau taksi. Tapi karena waktu saya terbatas di Pattaya dan setelah dari Mini Siam hanya ingin menyusuri pantai lalu balik ke terminal, maka saya memutuskan untuk ga ke daerah South Pattaya Road yang terletak berlawanan dengan terminal bis yang ada di North Pattaya Road.

Sempet bingung mau nyari tempat solat dimana di sekitaran pantai Pattaya. Untung nemu brosur Central Festival di Mini Siam. Saat saya ngeliat tersedia fasilitas musola, saya pun langsung meluncur ke sana. Saya ga memperhatikan apakah di sana ada restoran yang menyajikan makanan halal, secara uang udah menipis. Lagipula masih ada bekal roti dari Jakarta, masa iya rotinya dibawa balik lagi :p.
Bagian depan prayer room
Musola di Central Festival Pattaya ada di lantai 5, deket parkiran mobil. Pintu ke arah musola ada di antara Zen Restaurant dan Little Home Bakery. Bisa juga naik lift di sebelah Esprit lantai 1, keluar dari lift di lantai 5, pintu ke arah musola ada di sebelah kanan. Setelah keluar pintu yang ke arah parkiran, tengoklah ke kanan. Di sanalah kamu akan menemukan musola. Agak nyempil dan gelap. Tapi gambar di pintunya menandakan kalau itu adalah prayer room.

Awalnya saya ragu musolanya dikunci karena keliatan gelap. Tapi setelah saya dorong pintunya bisa dibuka. Alhamdulillah. Ternyata lampu di prayer room memang harus dimatikan kalau tidak ada yang menggunakan. Di bagian dalam pintu musola ada pengumumannya. Setelah saya masuk dan menyalakan lampu, pendingin ruangan langsung berhembus. Sepatu bisa ditempatkan di rak sepatu yang sudah disediakan di dekat tempat wudhu.
Bagian dalam prayer room
Di antara prayer room mall yang saya sambangi sebelumnya, saya paling suka di sini. Mungkin karena saya sendirian di dalam, jadi bebas mau ngapain aja, mau guling-gulingan, bolak-balik, terseraahhh...hehehe. Sebagaimana musola lainnya yang saya temui, di sini juga disediakan mukena, sarung, Al Quran sampai tasbih. Semuanya tersusun rapi di rak.

Eniwei, dalam perjalanan ini saya jadi melihat betapa pemerintah Thailand begitu menyiapkan diri dalam menyambut wisatawan muslim. Walau prayer room seadanya tapi kemudahan akses itulah yang menarik minat saya sebagai seorang muslim untuk berkunjung ke Thailand. I'd heard about their services for muslim tourists before, and I want to see it myself. In the end, I'm pretty satisfied with it. :)

No comments:

Post a Comment