Sunday 24 March 2019

Family Holiday: Tokyo (Preparation)

Lokasi dekat apartemen. Keliatan pohon masih meranggas di musim dingin

Rencana liburan ke Jepang sekeluarga bisa dibilang antara maju mundur. Mau sih pergi kesana, tapi mikir biaya hidupnya pasti mahal. Tapi, setelah dipikir-pikir lagi. Yasudlah jadiin aja. Penasaran banget pengen kesana. Hehehe. Jadilah saya dan adek mulai ngincer tiket tahun lalu. Saat Air Asia ada promo Free Seats, saya coba nyari tiket. Tapi ngga ketemu tiket yang murah. Rata-rata 4-5 jutaan. Duh kalo kayak gitu mending cari maskapai yang full service sekalian. Belum sama biaya bagasi. Ada sih nemu tiket yang 3 jutaan tapi buat tiket pulangnya ngga dapet yang pas. Waktu saya nyari tiket free seat Air Asia emang udah hari ketiga promonya juga siy, maka ngga heran mungkin aja udah ngga dapet jatah kursi gratis. Udah beberapa kali nyari nggak dapet juga, akhirnya saya nyerah dan bilang ke adek supaya nyari tiket pas travel fair aja. Lagian Air Asia ke Jepang transit dulu di Bali hampir 12 jam, kalo ngga salah. Jadi kan bikin males juga, heuheu. 

Akhirnya kami ke Kompas Travel Fair yang partner dengan CIMB Niaga. Kami berdua adalah nasabah CIMB Niaga jadi lumayan bisa dapet cashback. Mulai berangkat dari rumah pagi-pagi supaya dapet jatah cashback. Dan seperti biasa, antrian udah mengular. Antri hampir 1 jam, Alhamdulillah dapet jatah cashback kartu kredit. Nah, cashback ini cuma buat 2 tiket. Sementara, total rombongan 11 orang. Jadi kami siasati dengan pakai cashback kartu debit juga. 

Pas di dalam kami kunjungi beberapa booth. Nanya-nanya harga tiket. Ada yang diatas 6 juta (maskapai ANA), ada juga yang 4 jutaan (Malaysia Airlines). Akhirnya kami memutuskan pesen tiket Malaysian Airlines untuk bulan Maret 2019. Kenapa nggak sekalian pas April aja? Kan bisa liat sakura? Pengen kami juga gitu. Tapi, kami mikirin kerjaan, yang sepertinya akan banyak di bulan April. Jadilah diputuskan akan berangkat Maret aja. Yah ngerasain musim dingin sekali-sekali. Hehehe. 

Akhirnya kami pesan tiket untuk awal Maret 2019 untuk 8 dewasa, 2 anak dan 1 bayi. Nah cashback dipakai untuk tiket yang dewasa, karena kalo tiket anak dan bayi kan nggak full bayarnya. Dihitung-hitung yah lumayan bisa dapet tiket Rp 4.3 juta PP dari harga Rp 4.9 juta. Segitu mahal atau murah? Relatif sih. Kalo saya lebih ke nyari yang gampang dan bisa dapet semua, yaitu dengan dateng ke travel fair dan dapet cashback untuk 1 keluarga (meski harus antri dulu sih buat dapet cashbacknya, heuheu).

Etapi, pesen lewat online travel agent kalo lagi promo, bukannya lebih murah? Emang sih tapi kadang kayak gitu harus rebutan dan agak susah untuk dapet tiket buat 11 orang. Kalo travelling sendiri atau berdua sih promo online masih oke. Tapi buat 11 orang? Kalo mo dapet murah harus booking barengan sama anggota keluarga laen lewat HP berbeda untuk memaksimalkan promo. Terus iya, kalo dapet harga dan flight yang sama? Kalo nggak? So, that's why I'd rather choose going to travel fair. So, akhirnya kami booking untuk trip 3-8 Maret 2019. Kalo diitung-itung totalnya 5 hari aja di Jepang. Again, waktu liburannya ngga bisa lama-lama karena kerjaan kami menyangkut hajat hidup orang banyak. 

Nah, setelah dapet tiket, saatnya bikin itinerary. Alhamdulillah ada Japan Travel Fair yang diselenggarain oleh Japan National Tourism Organization di Kota Kasablanka pas Oktober kemarin. Jadi bisa ambil peta Jepang dan beberapa brosur untuk rekomendasi tempat liburan. Pas saya kesana dan ambil beberapa brosur, malah jadi bingung mo kemana karena tempatnya kayaknya menarik semua. Hehehe. Etapi pas liat peta subway Tokyo. Alamak! lebih rumit dari kisah cinta saya peta subway Korea dong.. Hadeuh waktu pertama ke Korea aja saya nyasar. Ini ntar gimana nasibnya nih? Heuheu. Yasudlah liat gimana ntar aja. Semoga ga sampe nyasar-nyasar yak :D

Eniwei, karena liburan cuma 5 hari, maka trip ke Jepang kali ini akan difokuskan di Tokyo dan sekitarnya saja. Nggak maen ke Osaka, Kyoto atau Hokkaido. Selain waktunya ngga cukup, budget juga pasti akan membengkak. Heuheu. Di trip ini, saya yang kebagian tugas buat bikin itinerary. Dan, setelah menampung request keluarga akhirnya jadilah itinerary Tokyo 5 hari 4 malam sebagai berikut :

Day 1: Shinjuku, Shibuya, Harajuku, Asakusa, dan grocery shopping di Gyomu Supermarket 
07.15 : Landing at Narita Airport
08.30-09.30: Narita-Oshiage by Keisei Rapid
Locker Rental at Oshiage
09.30-10.00: Oshiage-Tochomae
10.00-10.30: Tokyo Metropolitan Building (Tokyo View from the building) 
10.30-10.40: To Shinjuku
10.40-11.30: BICLO or Takahismaya Shinjuku
11.30-11.45: To Shibuya
11.45-12.00: Hachiko Statue and Shibuya Crossing
12.00-13.00: Lunch
13.00-13.30: To Harajuku
13.30-14.30: Takeshita Street Harajuku
14.30-15.00: To Asakusa
15.00-15.45: Kaminarimon Gate and Nakamise Shopping Street
15.45-16.00: To Gyomu Supermarket 
16.00-16.30: Grocery shopping
16.30-16.45: To Oshiage (Check out luggage) 
16.45-17.00: To Apartment

Day 2: Disneyland (All Day) 

Day 3: Disneysea (All Day) 

Day 4: Lake Kawaguchiko (Ensoille Excursion Ship and Kachi Ropeway)
08.00: To Shinjuku Expressway Bus Terminal
09.15: To Kawaguchiko
11.00: To Ensoille Excursion Ship
12.00: To Kachi Ropeway
14.20: Back to Tokyo

Day 5: Ueno dan Ameyoko Shopping Street
10.00: Check Out Apartment
10.30: To Ueno (Locker Rental) 
11.00: To Masjid As Salaam (Sholat Jumat) 
12.30: Lunch at Ayam Ya Ramen
13.30: To Ameyoko Shopping Street
15.30: To Airport

Karena landing di Narita Airport tanggal 4 Maret di pagi hari, jadi bisa explore Tokyo seharian. Pulangnya pun dapet flight malam jadi masih bisa keliling Tokyo lagi sambil nyari oleh-oleh di Ameyoko. Sempet terpikir pengin ke Museum Doraemon, tapi karena waktunya nggak cukup, jadi harus di-skip. Sayang sih udah jauh-jauh ke Jepang tapi belum bisa dateng ke museum tokoh kartun favorit jaman SD, tapi mo gimana lagih, heuheu. Semoga next trip bisa ke Jepang lagi dan ke Museum Doraemon, yaahh.. 

Oh iya, sembari bikin itinerary, saya juga nyari-nyari apartemen di Air BnB. Karena kami sekeluarga, memang enaknya nyewa apartemen supaya lebih private. Lagian kami juga berencana masak untuk bekal dan makan sehari-hari disana jadi kudu ada dapur juga. Dan ternyata agak sulit nyari apartemen yang oke fasilitasnya dan sesuai budget. Giliran nemu yang oke ternyata udah full book. Apalagi yang daerah Asakusa, Oshiage dan Ueno. Padahal, saat saya searching apartemen itu di November 2018, tapi ada aja apartemen yang udah full book sampe Maret 2019, ckckck. 

Setelah semingguan ngubek Air BnB akhirnya nemu apartemen yang available, cukup oke fasilitasnya dan sesuai budget. Lokasinya katanya hanya 10 menit jalan kaki ke stasiun subway Kikukawa. Nah, stasiun ini ada di Shinjuku Line jadi kalo mo ke Shinjuku ngga perlu transit dan hanya 21 menit dari stasiun Kikukawa. Lumayan kan... 

Jadi saat mau trip ke Jepang gini dan boyong sekeluarga emang mending book tempat nginep lebih awal. Karena Jepang jadi salah satu destinasi wisata favorit, maka ngga heran apartemen ada aja yang udah full book dari jauh-jauh hari. Jadi setelah itinerary dan apartemen beres, saatnya nyari tiket Disneyland, pesen tiket bis ke Kawaguchiko dan ngurus visa. Huff..still so many things to do. Share soal nyari tiket wisata, bis dan ngurus visa akan diposting terpisah aja yaahh...

No comments:

Post a Comment