Sunday 23 December 2018

So-Called Honeymoon: Hong Kong (Day 1)

Liburan ke Hong Kong akhirnya tiba... Saya dan suami naik Malaysian Airlines dari Soekarno Hatta pada pukul 04.40 dan sampai bandara Hong Kong pada pukul 12.30, setelah sebelumnya transit ganti pesawat di Kuala Lumpur. Alhamdulillah cuaca cerah menyambut kami di kotanya Bruce Lee ini. Di imigrasi pun lancar karena wisatawan Indonesia bebas visa. Sebagai tanda izin masuk Hong Kong, kami diberi selembar kertas yang harus disimpan sampai kami pulang. Jadi biasanya kalo izin tinggal dicap di paspor, di Hong Kong cuma dikasih selembar kertas aja. Kalo model kayak gini sebenernya bikin deg-degan karena takut keselip atau jatuh entah dimana. Tapi emang modelnya begitu disono, ya mo gimana lagi, ye nggak?

Mejeng dulu sebelum ambil bagasi :D

Usai imigrasi dan ambil bagasi kelar, kami menyambangi HK Tourism Center dulu buat beli Octopus Card untuk dipakai naik transportasi keliling Hong Kong. Nah, untuk Octopus Card ini, kita harus deposit 50 HKD. Selain itu, disana saya juga sekalian top up 100 HKD, sesuai estimasi budget transportasi saya kesana.

Selesai beli Octopus Card, kami langsung keluar menuju terminal bis. Nyari pemberhentian bis A21 untuk menuju Chungking Mansion. Tarifnya kesana sebesar 33 HKD. Tinggal tap Octopus aja. Ada sekitar 14 stops yang harus dilewati. Keluar area bandara, suasana di luar masih hijau royo royo. Tapi, saat udah mulai masuk kotanya, kanan kiri jalan udah mulai dikelilingi gedung-gedung tinggi.

Bagian dalam bis A21
Setelah menempuh perjalanan hampir 1 jam, tibalah kami di Chungking Mansion. Beuh, rame banget di depan gedung. Banyak orang India yang nawarin hotel, tapi kami terus jalan aja menuju gedung karena udah booking hostel. Untuk menuju lantai 6, kami harus antri naik lift. Lift di Chungking Mansion ini kecil dan maksimal hanya untuk sekitar 10 orang. Jadi emang kudu antri. Untungnya ada 2 lift jadi antrinya nggak terlalu lama.

Sesampainya di hostel, kami istirahat dulu sampai menjelang sore. Selesai ashar, baru menuju Ladies Market buat nyari oleh-oleh.
Untuk menuju Ladies Market ini, kami naik MTR ke Mongkok Station. Keluar di Exit 2 langsung ketemu deh tuh deretan kios-kios yang jual berbagai macam suvenir, mulai dari kaos, magnet, kipas, gantungan kunci, dll. Enaknya di Ladies Market ini bisa nawar. Tapi buat orang yang nggak ahli nawar kayak saya bisa-bisa malah jebol, heuheu.

Contoh: 1 magnet dihargai 100 HKD, saya tawar 100 HKD dapet 4. Berasa udah dapet murah kan, yeee? Ternyata ada orang yang bisa dapet 6-8 magnet dengan 100 HKD dong.. *gigitjari*. Yasud udah telanjur mo gimana lagi.. huhuhu. Finally, selaen magnet, saya juga beli 12 kaos dewasa dan 6 kaos bocah dengan total 260 HKD dan gantungan kunci 60HKD.

Selesai belanja, kami balik lagi ke hostel buat makan malam. Jam 19.30 keluar hostel lagi buat nonton Symphony of Lights yang show-nya mulai jam 8 malam. Apa sih Symphony of Lights itu? Pada intinya, Symphony of Lights adalah pertunjukan sinar laser di gedung-gedung yang ada di Hong Kong Island yang bisa dilihat dari Kowloon.

Pose dulu sembari nunggu Symphony of Lights

Untuk menuju Symphony of Lights ini, kami tinggal jalan kaki aja dari hostel mengarah ke pinggir sungai. Cuma sekitar 5 menit aja udah nyampe. Berhubung pas sampe sana show-nya belum mulai, saya dan suami akhirnya menyusuri pinggir sungai sampe terminal feri. Di sepanjang sungai ini banyak juga artis jalanan yang ngamen. Dan, berhubung dekat dengan museum seni (yang sayangnya saat kesana sedang direnovasi), maka di jalan banyak juga ditemui beragam instalasi seni.

Symphony of Lights

Saat waktu sudah mulai mendekati jam 8 malam, kami pun nyari tempat duduk yang pewe. Etapi kok pas udah jam 8 malem belum ada tanda-tanda sinar laser. Sempet ngira mungkin show-nya udah nggak ada lagi. Lima menit kemudian, mulai deh tuh kedengeran ada musik dan kelap kelip lampu sinar laser di gedung seberang. Hoo.. ternyata ini toh yang namanya Symphony of Lights. Agak mirip ama air mancur menari seiring musik. Cuma bedanya air mancur diganti dengan sinar lampu dan laser di gedung-gedung. Pertunjukannya kurang lebih selama hampir 30 menit. Setelah usai, kami pun langsung balik ke hostel untuk beristirahat sebelum jalan ke Macau esok hari.