Thursday 14 February 2019

Cara Bikin E-Paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Timur


Setelah 5 tahun lalu perpanjang paspor, ternyata sekarang antrian online imigrasi udah berubah. Kalo dulu, buat dapet antrian online kudu upload seluruh dokumen yang diperlukan. Sekarang cukup isi nama dan milih jadwal hari kedatangan ke imigrasi aja. Lebih simpel. Nah, kali ini saya mau share cara bikin paspor elektronik alias e-paspor di Kantor Imigrasi (Kanim) Jakarta Timur. Termasuk share soal cara bikin e-paspor anak.

Untuk paspor lama saya adalah paspor biasa. Sekarang saya mau ganti jadi e-paspor. Nah, persyaratan perpanjangan paspor 5 tahun lalu dengan sekarang juga ternyata udah beda. Yang sekarang lebih simpel. Lima tahun lalu, untuk perpanjangan paspor saya masih harus menyiapkan dokumen akta lahir dan kartu keluarga (KK) selain KTP dan paspor lama. Kalau sekarang cukup dengan bawa fotokopi KTP dan paspor lama saja. Sementara, untuk membuat e-paspor anak, persyaratannya adalah fotokopi KTP ayah/ibu, KK, akta lahir dan buku nikah orang tua.

Semua detail persyaratan perpanjangan paspor maupun pembuatan paspor baru bisa dilihat di website kantor imigrasi. Oh iya, dokumen yang diperlukan difotokopi di atas kertas A4 dan jangan dipotong, ya. Selain itu, saat ke imigrasi bawa juga semua dokumen aslinya.

Oke, setelah ngecek semua persyaratan yang diperlukan, saatnya buat booking antrian bikin paspor di laman antrian.imigrasi.go.id. Hal pertama, kita harus buat username dan password dulu. Isi data diri seperti nama, email, nomor telepon, jenis kelamin sampai alamat rumah. Lanjut lagi dengan milih kanim tujuan kita dimana mau bikin paspor.

Setelah itu isi data pemohon paspor dan memilih jadwal kedatangan ke kanim. Saat memilih jadwal ini kita pilih tanggal dan waktu kedatangan. Untuk waktunya dibagi dua, yaitu pagi jam 08.00-09.00 atau siang jam 13.00-14.00.


Bukti booking online paspor

Saya mengunjungi laman antrian online imigrasi di hari Minggu, dan ternyata untuk antrian di Kanim Jaktim pada hari Senin sudah penuh. Jadi saya ambil antrian hari Selasa, 8 Januari 2019 jam 08.00-09.00. Setelah membuat permohonan, akan muncul kode QR, nama pemohon, waktu kedatangan ke imigrasi dan kode booking yang bisa diprint. Tapi, karena waktu itu saya daftarnya via HP jadi saya hanya screenshot dan ga diprint.

Di hari H jadwal kedatangan ke kanim, saya langsung menuju counter bertuliskan customer service. Disana saya nunjukin screenshot QR code dan nomor booking antrian. Sama petugas langsung dikasih formulir data diri untuk saya dan anak. Nah, berhubung saya nggak ngeprint QR code booking antrian, maka petugas meminta saya untuk menulis nomor booking di bagian atas formulir.

Isian formulir pembuatan/perpanjangan paspor kayak formulir biasa aja sih. Hanya ngisi data nama, ktp, alamat, tempat tanggal lahir dan mau buat paspor yang 24 halaman atau 48 halaman. Kalau utk e-paspor adanya yang 48 halaman. Formulir paspor anak juga sama, tapi isinya mirip seperti surat pernyataan bahwa kita sebagai orang tuanya. Oh iya, jangan lupa sediain juga materai Rp 6000 untuk ditempel di formulir, ya.

Setelah selesai isi formulir langsung cuss ke counter berikutnya untuk minta nomor antrian foto dan wawancara. Di counter ini seluruh dokumen juga akan diperiksa, baik yang asli maupun fotokopi. Setelah seluruh berkas lengkap, kita akan dikasih map imigrasi yang berisi seluruh fotokopi dokumen dan formulir, serta nomor antrian foto. Berhubung saya bawa anak, maka anak saya dikasih nomor antrian prioritas. Namun, walau anak saya dikasih prioritas, orang tuanya mah tetap di antrian biasa. Heuheu.

Nah, untuk foto dan wawancara di Kanim Jakarta Timur dilakukan di lantai 2. Untuk yang bawa stroller atau kursi roda ngga perlu kuatir karena disediain juga jalanan melandai menuju ke atas. Di lantai 2, ada deretan counter foto, jejeran kursi tunggu dan playground. Buat yang lagi menyusui disediain juga nursery room. Lumayan komplitlah.


Nunggu panggilan antrian di ruang foto dan wawancara

Saat saya duduk di kursi tunggu, saya langsung melototin layar antrian. Agak aneh, karena ruangan itu luas tapi ngga ada speaker yang ngumumin nomor antrian jadi kita harus mantengin terus layar monitor. Udah 10 menit layar di nomor antrian belum banyak berubah. Yasud akhirnya saya iseng moto ruangan dan ngecek-ngecek dokumen lagi.

Eh nggak taunya pas kembali lihat ke layar, nomor antrian anak saya udah kelewat. Langsung saya samperin counter yang manggil nomor antrian setelah anak saya. Si mbak petugas juga bingung dan langsung nanya ke counter sebelahnya, siapakah yang manggil nomor antrian anak saya. Nggak taunya counter yang manggil nomor anak saya ada di ujung.

Saat saya samperin dan mengonfirmasi, langsung ditanyain sama petugasnya, "Tadi kemana aja, mbak?". Saya jawab dengan jujur, "Tadi nggak kedengeran mbak, saya duduk agak di belakang". Terus dijawab lagi sama si mbak petugas dengan agak jutek, "Kenapa duduk di belakang? Ya udah tunggu aja di depan situ, nanti saya panggil".

Setelah si petugas selesai melayani pemohon sebelumnya, saya langsung mendatangi counter. And you know what, pas saya baru duduk di counter, speaker yang manggil nomor antrian baru bunyi. Langsung deh saya nyeplos, "Lah, itu speaker baru bunyi". Si mbak petugas cuma ngangguk. Hih sebel rasanya.. Kirain emang ga ada speaker buat pengumuman. Lagian ruang segitu luasnya, mau ngarep seluruh pemohon paspor ngedenger cuma modal si petugas manggil-manggil pake suaranya sendiri, ya susah. Apalagi kalo bawa anak dan anaknya minta maen di playground yang letaknya di ujung belakang. Gimana mau kedengeran kalo ga pake toa?

Tuh kan malah jadi curcol. Back to business deh. Saat di counter foto dan wawancara, berkas yang di map dikasih ke petugas, yang lagi-lagi akan ngecek semua dokumen, baik asli maupun fotokopi. Setelah itu disuruh nunggu lagi buat foto. Di saat itu kita juga harus pasang kuping baek-baek. Karena pengumuman antrian foto ga pake speaker. Untuk foto ini, lokasinya ada di belakang setiap counter. Jadi saat nunggu giliran, duduknya jangan jauh-jauh deh. Ndilalah pas lagi nunggu giliran foto, anak saya cranky, ngantuk, minta nyusu dan akhirnya bobo. Jadi saat dipanggil untuk foto, saya minta skip dulu.

Selang 15 menit setelah itu, giliran saya yang dipanggil ke counter. Beruntung saya ditemani adek, jadi bisa nitipin anak dulu. Usai berkas dicek, lima menit kemudian saya dipanggil lagi untuk foto. Pas disini kita akan ditanya mo buat paspor biasa atau e-paspor, tujuan buat paspor, sama soal pekerjaan. Saat itu, si mbak petugas ngasih tau kalo proses pembuatan e-paspor akan lebih lama, yaitu 14 hari kerja, karena ada sistemnya yang kenapa gitu.. Jadi proses pembuatan paspor yang paling nggak 3-5 hari kerja udah jadi, kali itu akan lebih molor. Yasud saya siy nggak masalah soal itu.

Di tempat foto ini, selain difoto, sidik jari kita juga akan dipindai. Setelah semua foto dan pemindaian sidik jari beres, petugas akan ngasih selembar kertas yang berisi instruksi pembayaran paspor. Nah, kita nantinya bisa melakukan pembayaran di bank atau kantor pos. Biaya e-paspor sebesar Rp 655 ribu.

Setelah urusan saya selesai, saatnya ngurus foto paspor anak saya lagi. Untungnya nggak lama setelah saya selesai foto dan wawancara, anak saya terbangun. Langsung deh saya samperin petugas foto di counter tempat anak saya dipanggil untuk ngasih tau kalo anak saya udah siap difoto. Hehehe.

Nah, kalo untuk foto paspor anak yang masih bayi dan belum bisa duduk sendiri ini agak tricky. Kudu ada yang bantuin buat megangin tirai putih sebagai background foto. Untungnya saya bareng adek, jadi dia yang megangin tirainya di depan muka saya, sementara saya mangku si kecil. Terus pas fotonya juga dibantu sama petugas imigrasi.

Demi memusatkan perhatian si bocah agar nampang di depan kamera, ada petugas lain yang maenin staples sambil dibunyi-bunyiin di depan di atas kamera jadi muka anak akan fokus ke depan. Fotonya nggak lama, karena si bocil juga kooperatif. Ya sih, kan abis bobo sama nyusu, wkwkwk. Mending turutin kemauan bocah dulu supaya nggak cranky. Daripada pas difoto mukanya cemberut dan susah dipegangin, hehehe. Setelah foto, saya pun langsung dikasih kertas instruksi pembayaran paspor. Jadi untuk bayi, ternyata nggak ada perekaman sidik jari. And, that's it.

Abis semua urusan foto dan wawancara selesai, saya segera ke mobil kantor pos yang ada di parkiran imigrasi buat bayar paspor hari itu juga. Untuk pembayaran paspor ini nggak harus dilakukan di hari yang sama dengan kita bikin paspor siy. Imigrasi ngasih kita waktu sampai 3 hari kerja buat bayar paspornya. Tapi demi efisiensi waktu, saya bayar aja hari itu juga, jadi nggak usah ke bank lagi. Satu hari setelah dari kanim, kita juga akan dapat kok SMS notifikasi pengingat pembayaran paspor. Abaikan aja SMS-nya ketika kamu sudah melakukan pembayaran.


SMS notifikasi dari imigrasi

Setelah semua pembayaran selesai, kita tinggal nunggu SMS dari kanim. Katanya siy kalo paspor udah jadi akan ada SMS notifikasinya. Eh, ternyata dua hari setelah pengajuan, saya tetiba dapet SMS yang ngasih tau kalo paspor yang diajuin tanggal 8-9 Januari tidak akan selesai tepat waktu karena ada gangguan sistem. Yasud saya siap-siap deh tuh ngikhlasin paspor bakal baru jadi lebih dari 2 minggu.

Eh, tau-tau enam hari setelah SMS terakhir itu, ada SMS lagi dari imigrasi yang ngasih tau kalo paspor udah jadi dan bisa diambil Senin s/d Jumat dari pukul 08.00-15.00. Wuaaahh... Ternyata cepet jadinya. Kalo diitung jadi cuma 6 hari kerja aja. Alhamdulillah. Nggak tau kenapa paspornya bisa jadi lebih cepet dari perkiraan. Dikebut kali ama imigrasinya, heuheu. Yang jelas saya ngajuin tanggal 8 Januari, dan udah dapet SMS notifikasi tanggal 16 Januari. Tepat esoknya, 17 Januari saya balik ke Kanim Jaktim buat ambil paspor.

Saat ambil paspor, jangan lupa bawa bukti pembayaran paspor, ya. Nah, untuk pengambilan paspor di Kanim Jaktim ada di bagian belakang lantai 1. Jadi dari pintu masuk utama, terus aja jalan ke belakang. Ruangan pengambilan paspor ada di sebelah kanan.

Saat saya mau ambil paspor, ruangan udah cukup rame. Saya celingak celinguk kanan kiri nyari tempat ambil nomor antrian, tapi nggak ada. Ternyata kita hanya ngasih kertas bukti pembayaran paspor aja langsung ke loket. Loket pengambilan paspor terbagi dua, yaitu untuk antrian prioritas dan biasa. Saya menuju ke loket biasa dan segera menyerahkan bukti pembayaran ke petugas. Setelah itu, sabarlah menunggu dipanggil. Dengan begitu banyak orang yang menunggu dan tanpa ada nomor antrian memang jadi agak nggak jelas kapan giliran kita akan dipanggil. Jadi sabar aja nunggu disitu. 


Ruang tunggu pengambilan paspor 

Setelah hampir 30 menit menunggu, akhirnya petugas manggil nama anak saya. Segeralah saya menuju loket. Saat itu petugas pun langsung nanya lagi apakah saat itu saya akan ambil dua paspor, yaitu paspor saya dan anak. Nah, untuk pengambilan paspor anak ini, seharusnya kita nunjukin KK yang menunjukkan hubungan keluarga (ada spanduk yang ngumumin soal itu), tapi petugas nggak nanya KK ke saya. Mungkin karena di paspor anak saya udah tertera jelas nama kedua orangtuanya.

Jadi saat ambil paspor, saya cuma isi data nama, nomor paspor dan tandatangan di sebuah buku folio milik petugas. Oh ya sebelum ninggalin loket, jangan lupa cek lagi nama lengkap dan tanggal lahir kita ya. And, that's it, akhirnya e-paspor saya dan anak pun udah jadi dan siap dipakai. Ngurus paspor elektronik ternyata gampang, nggak ribet dan cepat.

Now it's time to pack our bags and have a great holidays! :D

No comments:

Post a Comment