Monday 24 December 2018

So-Called Honeymoon: How High Can You Go? Let's Go to Ngong Ping 360 & The Peak!

The Peak Lower Terminus

Today's trip is about height and height! Cause we are going to Ngong Ping 360 and The Peak! Apa sih Ngong Ping 360 dan The Peak? Basically, Ngong Ping 360 ini adalah tempat wisata di perbukitan Hong Kong di Lantau Island. Disini tujuan utama wisatanya adalah Ngong Ping Village, yang juga ada Big Buddha. Untuk menuju kesana, wisatawan bisa naek cable car alias kereta gantung. Sementara, The Peak adalah tempat wisata dimana kita bisa melihat kota Hong Kong (daerah Kowloon dan Hong Kong Island) dari ketinggian. Letaknya ada di perbukitan Hong Kong Island. Untuk menuju The Peak ini, wisatawan bisa naek tram yang menyusuri bukit curam.

Nah, perjalanan kali ini dimulai dari Ngong Ping dulu. Saya beli tiket cable car online di Asia Travel karena harganya lebih murah dibanding beli on the spot. Nah, ada dua pilihan cabin cable car yang bisa kita pilih: Standard Cabin atau Crystal Cabin. Standard Cabin ya kayak kereta gantung biasa, sementara Crystal Cabin menawarkan sensasi lebih seru naik kereta gantung, yaitu bagian bawah kabinnya berupa kaca tebal. Jadi saat naek kereta gantung, rasain deh tuh 'ngerinya' ngelihat pemandangan secara transparan di bawah, kayak kaki ngawang-ngawang aja dah. Heuheu.


Ngong Ping 360. Numpang foto dulu :D

Tapi, meski Crystal Cabin keliatannya seru, saya lebih milih yang standar karena lebih murah, hahaha. Bedanya lumayan loh sampe 30-an HKD, kalo ga salah. Jadi kan mending naek kereta gantung yang biasa aja. Lagian belum tentu nyali kuat kalo naek yang Crystal Cabin, wkwkwk.

Untuk menuju Ngong Ping 360, kami naek MTR ke Tung Chung Station. Sebelumnya transit dulu di Lai King Station. Dari Tung Chung Station, keluar di Exit B. Lalu, jalan kaki sekitar 5 menit menuju stasiun kereta gantung Ngong Ping. Setelah keluar stasiun Tung Chung, udah keliatan kok stasiun cable car-nya, jadi ngga usah kuatir nyasar.


Antrian Ngong Ping 360

Saat pertama kali menaiki eskalator ke stasiun kereta gantung sih keliatan kosong ya. Etapi, pas udah diatas ternyata ngantri bo. Untungnya antrian penukaran tiket online sama yang on the spot dibedain jadi ngga parah banget antriannya. Saat udah di depan loket, saya langsung kasih voucher tiket online ke petugas. Si mbak petugas konfirmasi lagi kalo saya telah pesan dua tiket online. Saya ngangguk-ngangguk.

Ngga lama, voucher ditukar dengan brosur dan dua tiket kereta gantung. Saat ngasih tiket, si mbak sambil ngomong, "This is the brochure and two tickets Crystal Cabin". Hah apa? Crystal Cabin? Saya salah denger kali ya.. Pas keluar loket, saya cek lagi tiket kereta gantung. Ealah, kenapa tulisannya Crystal Cabin? Waduh ternyata dapet upgrade dari si mbak, heuheu. Alhamdulillah. Tau aja kita lagi honeymoon. Eh. :P


We've got pinky cabin! :D

Dari loket, kami segera menuju antrian ke kereta gantung. Antrian antara Standard Cabin dan Crystal Cabin dipisah. Meski antrian Crystal Cabin juga panjang, lebih parah lagi antrian yang Standard Cabin. Alhamdulillah jadi lebih menghemat waktu.

Setelah antri sekitar 15 menit, akhirnya kami naik Crystal Cabin. Pas masuk ke dalam, waduh beneran kaca itu bawahnya. Agak deg-degan, apalagi pas keretanya udah keluar dari stasiun dan di bawah kaki keliatan jelas air laut dan bukit. Deg serrr lah pokoknya... Tapi, setelah semakin terbiasa, akhirnya saya udah ngga terlalu deg-degan lagi dan mulai menikmati perjalanan.


Upgraded to Crystal Cabin. Yeay!

Lihat kanan kiri. Ternyata Ngong Ping lokasinya dekat dengan bandara Hong Kong jadi keliatan deh tuh pesawat yang pada lepas landas dan landing. Semakin masuk ke dalam perbukitan, dari kejauhan Big Buddha sudah terlihat. Perjalanannya ternyata cukup lama juga. Kayaknya waktu tempuhnya ngga beda jauh sama cable car di Genting, Malaysia.


View from cable car

Perjalanan ke Ngong Ping kurang lebih sekitar 20-25 menit. Saat turun dari kereta gantung dan keluar stasiun, wisatawan sudah disambut dengan atrium luas. Diikuti dengan deretan kios dan tempat wisata di kanan kiri. Selain Big Buddha, di Ngong Ping ini juga ada spot wisata lainnya seperti Stage 360, Motion 360, Walking With Buddha, dll. Tapi, kami melewatkan itu semua karena ngga tertarik. Jadi kami hanya foto-foto aja di beberapa spot di bawah dan nggak naek sampe ke Big Buddha. Males sih kalo kesana kudu naek tangga lagi, hehehe.


Our smiles. Say Cheese!

Setelah keliling Ngong Ping sekitar 45 menit, kami kembali turun. Rencananya kami akan makan siang dimsum di Osman Ramju Sadick Islamic Center yang terletak di Hong Kong Island. Tempat ini terkenal banget sama dimsum halalnya, makanya saya penasaran. 

Nah, dari Tung Chung Station, kami menuju Wanchai Station. Keluar di Exit A4. Berbekal hasil donlotan Google Maps, saya ngikutin arah sesuai mbah Google. Jalan kaki sekitar 750 meter. Etapi, saat udah agak jauh kok ngga nemu jalan yang dimaksud. Sampe muter-muter bolak balik teteup ngga nemu juga. Sampe akhirnya suami ngajak balik aja ke hostel. Makan siang disana. Saya sih tadinya terus nolak, tapi kasian juga pak suami udah kecapekan. Yasud, akhirnya saya menyerah dan balik ke hostel. Rencana buat naek keliling Hong Kong naek tram dingding pun tercoret.


The Peak Galleria

Setelah dua itinerary gagal, saya tetep keukeuh pengen jalanin itinerary berikutnya: ke The Peak. Suami mah udah nyerah dan katanya mo istirahat aja di hostel. Jadi sore itu saya solo traveler. Usai solat ashar, saya kembali ke Hong Kong Island. Tapi, kali ini ngga naek MTR. Saya memilih naek feri. Dermaga feri ke Hong Kong Island ada di dekat Clock Tower Kowloon. Dari hostel cuma jalan kaki sekitar 7 menit.

Nah, feri ini terdiri dari dua dek, yaitu dek atas dan bawah. Tarif feri antara dek atas dan bawah berbeda. Tarif dek atas 3,4 HKD, sedangkan dek bawah 2,8 HKD. Kali itu saya memilih dek atas. Tempat duduk feri terbuat dari kayu biasa, namun senderannya bisa dibolak balik. Penumpang pun bebas memilih posisi tempat duduk karena nggak pake nomor kursi. Perjalanan via feri ke Hong Kong Island ini sekitar 15 menit.


Ferry at night

Setelah sampai di dermaga feri Hong Kong Island, saya langsung belok kanan menuju halte bis. Niatnya nyari bis 15c yang katanya lewat depan terminal tram The Peak. Tapi, pas saya liat daftar bis di halte, nggak ada bis 15C. Adanya bis 22S yang tujuannya langsung The Peak. Padahal, saya maunya kesana naek tram. Saya bolak balik platform halte bis, tapi tetep ngga nemu bis 15C. Akhirnya saya memutuskan naik bis 22S saja. Tarif bis 22S adalah 7,5 HKD.

Namun, saat sudah lewat beberapa halte, feeling saya mulai ga enak. Kayaknya bis ini ngga ngelewatin terminal tram The Peak deh. Akhirnya saya memutuskan untuk turun di halte dekat Hong Kong Botanical Garden. Dari sana, saya jalan kaki mencari nama-nama jalan dekat Botanical Garden. Mengikuti rute Google Maps yang sebelumnya di-screenshot, saya langsung menyusuri jalan dari Botanical Garden ke terminal tram. Untungnya saya sempat nyari rute Maps Botanical Garden-The Peak Lower Terminus, karena sebelumnya emang sempet terpikir buat mampir ke taman botani dulu.


Tram The Peak

Dari pengalaman nyasar ini, saya jadi tahu kalo sepertinya turis mancanegara Eropa Amerika lebih suka berada di Hong Kong Island. Mungkin juga ini dikarenakan ada beberapa kedubes disana, makanya banyak ekspatriat keliatan berseliweran di jalan dan nongkrong di kafe. Eniwei, setelah melewati kafe dan kios, plus naek turun tangga nan melelahkan (karena kontur Hong Kong yang berbukit), akhirnya saya nemu juga terminal tram-nyaaahhh... Setelah jalan kaki berapa lama? 1 jam, mak... *Nangis haru dan senang*


Etapi, pas saya liat itu antrian tram, Alamak.. ular naga panjangnya. Seberapa panjang? Coba bayangin, saking banyaknya orang yang mo naek tram, antrian di dalam terminal udah penuh dan berbelok-belok, itu antrian masih nyambung sampe ke bangunan di sebrang terminal! Antriannya aja sampe kepisah sama jalan umum. Ngga tau bakal baru bisa naek tram jam berapa. Tapi karena udah kadung sampe, akhirnya ikut antri juga lah. Masa iya, udah jalan kaki capek nyari-nyari akhirnya nggak jadi naek. Cih saya ngga selemah itu, kapten! Wkwkwk.


Antrian The Peak Tram

Untungnya saya bawa cemilan dan botol air minum, jadi ngga garing amat ngantrinya.
Dan.. tau ngga akhirnya berapa lama saya antri? 2 jam, cuy... Jamuran plus pegel ga, tuh? Sebenernya ada rute tercepat untuk naek tram, yaitu dengan beli bundling tiket tram dengan Madame Tussauds. Itu ga pake antri dan bisa langsung naek tram. Tapi, saya ngga ada niat buat kesana. Selain karena tiketnya mahal, saya juga udah pernah ke Madame Tussauds yang di Bangkok. Jadi, rela deh antri ampe 2 jam, heuheu.

Eniwei, setelah sampai loket, saya langsung beli tiket tram PP seharga 88 HKD. Setelah tiket di tangan, kudu antri lagi buat naek tram kira-kira 15 menit. Ouch. Dan.. setelah penantian sekian lama, akhirnya saya naek juga tram itu! Wooohooo.... Tram berwarna merah itu terdiri dari dua gerbong. Setelah masuk, orang-orang pada rebutan duduk di bangku sisi kanan supaya bisa melihat dengan jelas pemandangan kota Hong Kong. Tapi, saya mah dapetnya di sisi kiri. Yasud, ga apalah, nasib. Heuheu.


Hong Kong from The Peak

Saat tram mulai melaju ke atas, sumpeee...curam banget bukitnya. Saat naek tram, kota Hong Kong jadi keliatan miring banget. Padahal mah, tramnya yang miring karena nanjak bukit. Ilusi mata ini yang bikin pengalaman naek tram ke The Peak begitu mengesankan. Perjalanan ke atas kurang lebih sekitar 15 menit.

Saat keluar dari terminal, kita akan langsung ketemu dengan jejeran kios yang jual suvenir mulai dari magnet, gantungan kunci, kaos dan pajangan lainnya. And you know, itu deretan kios namanya apa? Ladies Market! Jadi kios yang ada di The Peak ini juga sama kayak di Ladies Market. Cuma bedanya harga suvenir di Ladies Market The Peak ini udah fix, ga bisa ditawar, karena ada label harganya. Dan..yang bikin nyesek, magnet disana dijual 100 HKD 6 biji, sementara kemaren saya beli segitu dapetnya cuma 4 biji karena salah nawar! Emang deh, saya itu paling ngga bisa disuruh nawar. Maklum saya orangnya emang suka sama yang pasti-pasti aja, ngga suka sama yang ga jelas *pembelaan*. :P


One of trick arts at The Peak

Oke, lanjut. Setelah ngelewatin kios, saya lalu menuju trick art yang masih berada di dalam gedung terminal. Masuknya gratis, cuma kalo mo foto di beberapa spot tertentu harus bayar. Saya sih cuma numpang lewat aja. Hehehe. Dari sana, saya lanjut keluar menuju atrium The Peak Galleria. Dari sana, kita bisa lihat kota Hong Kong dari ketinggian. Karena saat itu sudah malam, jadi kelap kelip lampu gedung terlihat gemerlap. Setelah puas memandangi kelap kelip lampu, saya keliling atrium dan duduk-duduk sebentar di dekat Hong Kong Tourism Board Visitor Center yang berbentuk tram hijau. Unik, ya. Sayang ngga bisa masuk karena udah tutup. Jadi cuma bisa foto dari luar aja.

Setelah 15 menit istirahat, saya pun memutuskan untuk pulang, karena saat itu sudah jam 7.30 malam. Dan, pulang naek tram juga harus antri panjang lagi, meski ngga separah kayak waktu naik ke atas. Kali ini lumayan antrinya ga sampe 1 jam udah bisa naek tram.


Antrian turun The Peak Tram sampai ke tenda merah di ujung. Mantaaap...

Saat keluar dari The Peak Lower Terminus, ndilalah pas di halte bis ada bis 15c yang lewat. Langsung deh, hop in, bayar 4,2 HKD, dan saya duduk di depan. Penasaran bis ini beneran berenti di dekat dermaga ga sih? 
Dan, ternyata bener dong, bis 15c berenti di halte dermaga. And you know, what was my mistake before? Halte bis 15c ada di sebelah kiri dermaga, sementara tadi sore saya belok ke kanan. Dong, dong, dong...

Pas saya liat brosur The Peak yang saya bawa dari hostel, ternyata emang bener halte bis 15c itu ada di sebelah kiri dermaga. Halte kecil siy, makanya ngga terlalu keliatan. Salahnya saya waktu itu adalah ngga liat brosur The Peak, tapi malah langsung ke halte bis satu lagi, yang emang lebih besar karena lebih banyak bis yang berhenti disana.

Usai meratapi kesalahan, saya bergegas ke dermaga. Kali ini saya duduk di lower deck, yang lebih minim angin daripada upper deck. Udah malem, angin makin kenceng. Saya ngga mau juga dong sampe masuk angin, karena besok saatnya ke Disneyland! Yiiipppiieee!!!


Tram Kantor HK Visitor Center yang unik di The Peak

No comments:

Post a Comment