Friday 28 December 2018

So-Called Honeymoon: Disneyland Hong Kong

Hari terakhir di Hong Kong, kami berencana ke Disneyland. Woohooo... Kami udah jalan dari hostel sekitar jam 8.30 pagi. Dari Stasiun Tsim Tsa Tsui, kami naik MTR ke Stasiun Sunny Bay, dengan sebelumnya transit di Stasiun Lau King. Dari Stasiun Sunny Bay ini kita akan nyambung lagi ganti kereta MTR Disney yang ikonik.

Nah, perjalanan dari Tsim Tsa Tsui ke Disneyland kurang lebih sekitar 1 jam. Saat ganti kereta di Sunny Bay, saya seneng banget liat kereta MTR Disney yang interiornya dihiasi khas Disney. Waktu tempuh ke Disneyland dari Sunny Bay ngga lama, sekitar 10 menit aja. Pas udah sampe, pengunjung tinggal jalan kaki 5 menit dari stasiun.

MTR Disney yang interiornya dihiasi siluet Mickey

Sesampainya disana Disneyland agak rame cuma ngga padet. Kami pun segera ke loket dan menunjukkan e-ticket. Prosesnya ngga lama, kurang dari 5 menit dan kami pun langsung masuk ke dalam. Saat di dalam, atrium luas dan kastil Disney menyambut pengunjung. Sayang kastil Disneyland Hong Kong jauh dari ekspektasi saya. Kecil banget buat ukuran kastil cuy..

Dari kastil, kami langsung berbelok kanan menuju Tomorrow Land. Disini kami naik coaster Hyperspace Mountain dan Iron Man Experience. Hyperspace Mountain lumayan bikin deg-degan. Tapi masih lebih asik The Mummy di Universal Studios Singapore (USS). Abis dari sana, kami lanjut ke Iron Man Experience.

Foto dulu sama Iron Man

Wahana Iron Man ini sebenernya belum resmi dibuka, baru soft launching, tapi kami mendapat kesempatan untuk mencobanya. Ternyata wahana ini menawarkan atraksi 3D. Kita diajak Iron Man buat 'menyelamatkan dunia'. Cukup keren. Tapi, kalo menurut saya masih kalah keren sama Transformers di Universal Studios Singapore (USS). Hehehe.

Many Adventures of Winnie the Pooh

Abis itu lanjut ke Fantasyland, masuk wahana Winnie The Pooh. Suami siy tadinya ngga mau, tapi saya tarik-tarik buat ikut masuk. Hahaha. Antriannya juga cukup panjang. Tapi karena penasaran sama wahananya, ya saya kesana. Ternyata wahana The Many Adventures of Winnie the Pooh ini mirip seperti istana boneka. Kita naek kereta dengan isi 4 penumpang dan didalamnya ada deretan scene cerita The Pooh dan teman-temannya. Naik wahana ini cuma sebentar, ngga sampe 10 menit kayaknya.

Terus lanjut ke Adventureland. Di kawasan ini, kami naik Jungle River Cruise. Naik kapal ala ala Indiana Jones dan dipandu ranger, penumpang diajak safari keliling danau sambil ngelewatin beberapa patung bergerak binatang. Jadi seolah-olah diajak berpetualang ke tengah hutan. Di tengah-tengah perjalanan ini, kita juga bisa lihat Rumah Pohon Tarzan yang jadi salah satu atraksi juga di Adventureland.

Jungle River Cruise

Abis itu lanjut ke Grizzly Gulch buat naek Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars. Wahana roller coaster ini bertema pertambangan. Cukup bikin tereak, tapi masih agak mild dibanding roller coaster di USS yang bikin sampe jejeritan. Heuheu.

Dari Grizzly Gulch, kami ke Mystic Point buat makan siang di Explorer Club Restaurant. Di Disneyland Hong Kong ini ada dua pilihan restoran halal, yaitu Explorer Club Restaurant dan Tahitian Terrace di Adventureland. Namun, kami memilih Explorer Club karena dekat dengan musola. Nah, karena sejak awal kami udah mesen tiket Disneyland plus voucher makan, maka kami tinggal nukerin vouchernya aja. Siang itu saya memilih menu ayam dan lemon ice tea. Rasa makanannya mah biasa aja, ngga ada yang spesial.

Menu makan siang

Musholla dibelakang Explorer Club. Tersembunyi dibalik gorden

Usai makan siang, kami segera ke musola yang berada tepat di belakang restoran. Sempat clingak clinguk nyari musola karena agak nyempil. Ternyata musola ditutupi gorden putih besar. Pas diintip terlihat ruang solat yang cukup besar. Dilengkapi pula dengan tempat wudhu. Cukup representatif lah.

Usai solat zuhur, kami lanjut lagi ngebolang ke Toy Story Land. Disini ada tiga wahana yang bisa dinaiki yaitu, Toy Soldier Parachute Drop, Slinky Dog Spin, dan RC Racer. Namun, kami hanya naik Toy Soldier Parachute Drop dan RC Racer. Tadinya sih saya mau naek semua wahananya, tapi suami ngga mau diajak naek Slinky Dog Spin yang cuma muter-muter doang kayak Gajah Bledug, wkwkwk.

Toy Soldier Parachute Drop

RC Racer

Akhirnya kami naek Toy Soldier Parachute Drop dulu. Wahana ini cukup ngebuat jantung deg serr karena kita dibuat naek turun-naek turun. Cukup okelah. Dari sana, kami lanjut naek RC Racer. Wahana ini mirip kayak Kora-Kora di Dufan. Cuma bedanya wahananya bukan berbentuk perahu, tapi trek mobil berbentuk U. Lintasannya juga lebih curam jadi cukup bikin adrenalin meningkat. Suami saya seneng banget naek ini, sampe naek dua kali. Saya mah ogah. Kali kedua dia naek, saya cukup nunggu di bawah aja. Hehehe.

Setelah Toy Story Land, kami muter lagi ke Fantasyland. Pas liat show Mickey Philharmagic ternyata udah mo dimulai, kami pun memutuskan untuk masuk. Pengen tau pertunjukannya kayak apa. Ternyata semua karakter Disney ngumpul jadi satu di panggung itu dan...karakternya ngomong pake bahasa Cina. Hahaha. Untungnya di sisi kanan kiri panggung ada teks bahasa Inggrisnya. Jadi turis asing ngerti yang di panggung pada ngomong apa. Kalo ngga, kan mending ga usah ditonton kan yak. Wkwkwk. Pertunjukan berlangsung sekitar 20 menit.

Mickey Philharmagic. Ada teks bahasa Inggris di kanan atas panggung

Keluar dari Mickey Philharmagic, hari udah sore jelang malam. Kami pun memutuskan untuk kembali ke atrium depan. Eh, ternyata disana ada Mickey and Minnie lagi meet and greet. Yang mo antri foto dengan mereka panjang juga. Akhirnya kami cuma liat dan moto dari samping aja. Abis males antri cuma buat foto doang, hahaha.

Overall, semua wahana yang pengen kami naekin udah dicoba semua. Tapi, saya pengen liat parade Disney yang baru dimulai jam 8 malam. Jadi akhirnya kami muterin Disney lagi. Suami ngajakin naek Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars untuk kedua kalinya. Yasud akhirnya naek lagi deh. Hehehe. Lagian antriannya juga ga panjang. Paling cuma antri 5-10 menit terus langsung naek.

Mickey and Minnie Mouse

Nah, dari sana kami hanya muterin Disney aja, sambil foto-foto di beberapa spot. Setelah itu, kami langsung balik lagi ke Main Atrium buat nonton parade. Ternyata udah banyak yang pada duduk di pinggir jalur parade. Kami pun memutuskan untuk mampir ke toko suvenir dulu. Disana saya membeli magnet Disney seharga 48 HKD.

Baru menjelang jam 8 malam, kami balik lagi ke Main Atrium dan nyari spot yang agak lowong. Nggak lama, parade lewat. Berbagai karakter Disney hadir dengan kelap kelip lampu. Mulai dari Princess Belle, Cinderella, Little Mermaid, Toy Story, Cars, Monster Inc, dan masih banyak lagi. Diakhiri dengan Mickey and Minnie Mouse. Usai parade, pengunjung pun langsung menuju pintu keluar.

Toy Story

Princess Belle

Overall menurut saya, Disneyland Hong Kong ngga terlalu luas banget. Dikitarin semuanya, ngga nyampe sehari juga kelar. Ngga perlu deh tuh beli tiket 2 day pass. Mungkin kali itu kami juga beruntung karena Disneyland lagi ngga terlalu rame, jadi antrian wahana ngga terlalu panjang. Lagian ngga semua wahana juga kami naekin. Buat anak kecil banyak wahana yang bisa dinaekin, jadi ngga rugilah kalo ngajak anak kesini. Tapi, untuk kami yang sudah dewasa dan saat itu belum dikaruniai anak, kalo menurut saya masih lebih asik ke USS. Roller coaster dan wahananya lebih seru.

Oh ya, yang cukup mengecewakan juga adalah kastil Hong Kong Disneyland yang ukurannya kecil. Karena, saya mikirnya kastil Disney di Hong Kong bakalan gede banget kayak yang di Amerika. Jadi pas liat kastilnya langsung, yah cuma segitu doang, terus jadi males deh. Hehehe. Yah cukup sekali itu aja sih kesana.

Terus bagaimana Hong Kong secara keseluruhan? Yang jelas Hong Kong ngga akan jadi negara yang akan saya kunjungi lagi. Cukup sekali itu aja. Hong Kong doesn't leave me with a feeling that makes me want to go there over and over again. Cukup asyik sih jalan-jalan di Hong Kong tapi ngga terlalu meninggalkan kesan kayak waktu pas ke Korea Selatan. Hehehe.

So...that's it. Cerita trip Hong Kong akhirnya kelar. See you on next trip, ya!