Thursday 3 April 2014

Pembuatan Paspor Via Online (Part II)


Postingan kali ini ngelanjutin postingan sebelumnya yang soal pendaftaran paspor via online. Sekarang saya akan share soal pengalaman saat di kantor Imigrasi (Kanim) Jakarta Timur, tempat yang saya pilih untuk perpanjangan paspor. Pada intinya kamu bisa memilih untuk ke kantor Imigrasi mana saja, ga harus sesuai dengan tempat domisili. Seperti saya yang membuat paspor pertama kali di Kanim Jakarta Selatan, padahal rumah saya di Jakarta Timur. Waktu itu ke Kanim Jaksel karena kantor merekomendasikan ke sana. Naaahh untuk kesempatan kali ini saya lebih memilih Kanim Jaktim karena lagi ngga kepengen repot aja harus bangun pagi-pagi banget, hehehe


Kanim Jakarta Timur terletak pas di sebelah penjara Cipinang, jadi gampang banget nyarinya. Dilewatin juga sama bus Trans Jakarta Kampung Melayu-Pulo Gebang, turun pas di halte Imigrasi Jakarta Timur. Buat yang naek Commuter Line bisa turun di Stasiun Jatinegara, terus lanjut naek mikrolet/metromini yang ke arah Pondok Kopi/Pondok Kelapa. Berhubung rumah saya ga dilaluin sama bus TJ atau kereta, saya naek mikrolet ke sana. Udah mulai start dari rumah jam 7-an, nyampe kantor Imigrasi sekitar jam 7.45.


Saat sudah sampai saya ngelihat pintu depan kantor Imigrasi yang sepi, saya mulai sedikit kegirangan tapi juga heran, apa iya beneran sepi? Biasanya kan Kanim itu pasti udah dipadetin sama orang ngantri dari jam 7, sebelum kantor buka. Ya saat itu Kanim juga emang belum buka, karena belum jam 8. Setelah mendekati pintu kaca Imigrasi baru keliatan ada tulisan yang bunyinya kira-kira begini: Bagi yang ingin membuat paspor dipersilakan ke gedung bagian belakang. Naaah mulai deh tuh ngerasa ga enak. Langsung saya nanya sama petugas parkir di sana, kalo mau buat paspor ke mana ya? (dengan tampang polos dan imut :p). Si abang ngejawab: itu lurus aja ke belakang, mentok belok kanan. Capcus lah saya ke arah yang ditunjuk si abang parkir.


Pas berbelok, onde mande keliatan deh itu orang-orang pada ngantri kayak ular naga panjangnya di balik jeruji pintu gerbang warna hitam. Udah mulai menelan ludah dan bertanya-tanya, apakah antrian ini yang harus saya lalui? Berdoa bangeeet dalam hati, semoga bukan itu antriannya saya, yang ga tau deh itu awal antrian ada dimana. Saya pun langsung bertanya ke petugas yang stand by disana.


Saya: Pak, kalau udah daftar via onlen, saya ke mana ya?

Bapak petugas: Langsung aja neng ke lantai dua, loket 6 ya. Itu di sebelah kiri ada tangga, langsung naek aja ke atas.

Saya: Alhamdulillah (dalam hati). Makasih ya pak… (senyum, langsung ngacir ngelewatin orang-orang yang pada antri di bawah, yang keliatan keheranan ngeliat saya bisa langsung naek ke atas. Punteeenn ibu-ibu, bapak-bapak sekalianJ).


Naek ke atas, ternyata saya menemui antrian lagi. OMG antrian aja ada banyak banget ya? Rada bingung ketika ngeliat di ujung awal antrian itu ada dua antrian. Yang satu antriannya lumayan banyak sampai ke luar ruangan, sementara yang satu antriannya masih di dalam ruangan. Ga keliatan antrian mana yang loket 6. Mungkin ini nasip jadi orang dengan tinggi hanya 150 cm, hehehe. Langsung saya nanya sama petugas di sana (untungnya selalu ada petugas di mana-mana jadi bisa nanya-nanya) dimana antrian online. Ternyata antriannya yang ada di dalam ruangan. Alhamdulillah…langsung saya ngacir lagi ke dalem. Usut punya usut ternyata antrian yang sampai ke luar ruangan tadi adalah antrian buat foto dan wawancara bagi pendaftar manual. Itu satu keuntungan yang saya temui ketika daftar onlen: antrian. Ngga perlu ngikut antrian yang paaaanjjaaanngg dan laaammmaa (jadi keinget iklan Choki-Choki :p).
   

Oke, short story, antrian daftar onlen itu adalah antrian untuk mendapat nomor urut (catet: bukan nomor buntut :p). Di loket 6 itu kita kudu nyiapin foto kopi berkas-berkas persyaratan yang diminta (KTP, KK, Akta Lahir, Surat Keterangan Kantor, paspor lama), bukti pembayaran BNI, dan tanda terima pra permohonan, karena nanti akan dicek sama petugasnya. Jangan lupa juga bawa dokumen aslinya yaaa… Terus pas di loket 6 itu kita juga akan dapat selembar surat pernyataan yang inti isinya adalah soal kita udah pernah punya paspor sebelumnya apa belom. Setelah semua foto kopi dokumen dicek, petugas akan ngasih nomor antrian. Walopun saya ngerasa udah dateng pagi, ternyata saya dapet nomor antrian 33, gubraaakk… Lumayan ya bow. Selanjutnya kita akan diminta untuk menunggu panggilan di loket 5, ada di lantai yang sama dengan loket 6.

Tumpukan berkas dan paspor lama saya. Cukup difoto aja buat kenang-kenangan :)
Sembari nunggu dipanggil, isi aja dulu lembaran pernyataan yang dikasih petugas tadi. Ternyata pas saya cek lembar pernyataan itu harus pake materai. Berhubung saya lupa bawa materai, akhirnya saya nanya lagi ke petugas yang baik hati (hehehe lebay), ke arah mana kalo mo beli materai. Langsung deh tu diunjukin ke lantai bawah, ke tempat pengambilan formulir yang ada di sebelah ruang foto kopi. Saya rada bingung, kok beli materai di bagian tempat ngambil formulir yah? Biasanya kan di tempat fotokopi… Nah mumpung nomor antrian di loket 5 masih di angka 004 (yang artinya panggilan nomor saya masih akan lama), tanpa banyak cingcong,saya langsung ke bawah. Pas turun ke lantai bawah, ga keliatan ada loket pengambilan formulir. Langsung nanya lagi ke petugas di sana (iya saya emang banyak nanya! Daripada sok tau, mending nanya. Kan malu bertanya, sesat di Imigrasi, eh di jalan :p). Sama petugasnya langsung diarahin ke arah kanan lorong dari tempat turun tangga tadi. Alhamdulillah akhirnya ketemu juga loketnya. Ternyata lokasinya emang agak nyempil (untungnya ga kayak upil :D).

Pas sampe sana saya baru ngerti kenapa beli materainya di tempat pengambilan formulir. Ternyata oh ternyata, banyak banget orang ngantri fotokopi, mungkin ada sekitar 10 orang. Ga lucu kan cuma pengen beli materai tapi kudu ngantri segitu panjangnya. Saya pun langsung ke arah loket bertanda: Pengambilan Formulir. Untungnya loket yang ini antriannya cuma satu orang, mbak-mbak yang juga daftar onlen kayak saya tapi lupa bawa materai. Pas nyampe di depan loket, petugasnya sepertinya udah tau apa yang kita mau, hehehe. Ngeliat saya yang bawa lembar pernyataan, si petugas langsung ngomong: Mo beli materai ya? Langsung saya iya-in. Kasih lembar pernyataannya ke petugas, nanti dia yang akan nempelin materainya. Kita tinggal ngasih uang Rp 7000 perak aja.


Setelah urusan dengan materai selesai, langsung balik lagi ke atas. Ternyata nomor antrian di loket 5 belum nyampe ke nomor 10. Itu berarti penantian saya masih laaammmaa… Bener aja, saya baru dipanggil menjelang jam 10 -_-. Untungnya tempat tunggu di Kanim lumayan enakeun, ber-AC. Ga kebayang kalo harus nunggu sambil ngipas-ngipas di musim panas kayak gini. Setelah akhirnya nomor saya tiba, di loket 5 ini semua fotokopi dokumen dan paspor lama yang asli akan dicek lagi dan diambil sama petugasnya. Buat yang pengen nyimpen paspor lama harus buat surat pernyataan gitu, kalo ga salah. Berhubung di paspor saya cuma ada cap visa Singapore sama Johor Bahru aja, bagi saya itu paspor ga terlalu istimewa, jadi ga apa deh itu paspor diambil, hehehe.


Oke, lanjut. Setelah petugas di loket 5 ngecek kelengkapan dokumen-dokumen, nomor antrian tadi akan dikasih lagi ke kita, kali ini ada tambahan cap di atasnya: Ruang 10 Foto dan Wawancara. Si mbak petugasnya bilang: Nanti tunggu untuk foto dan wawancara jam 1 siang ya. Saya iya-in aja. Walo agak bingung dan takut salah denger, kok dibilang jam 1 siang ya? Saya pun langsung nyari ruang 10. Agak bingung kok tulisannya Ruang 10, padahal di Kanim bilik layanannya dinamain Loket. Sempet bertanya-tanya dalam hati, apa ini maksudnya Loket Foto dan Wawancara ruang 10? Jadi ada banyak gitu ruangan yang untuk wawancara? Kebetulan pas di sebelah loket 5, ada loket 8. Keterangannya: Loket 8 Foto dan Wawancara. Dengan sotoy-nya, saya masuk ke ruangan itu. Ada bapak-bapak di ujung pintu sebrang.

Saya: Pak, kalo mo foto dan wawancara di sini ya?

Si bapak-bapak: Oh bukan. Itu di loket 10, tuh yang ada di luar ruangan ini, belok kiri, di ujung.

Dapet nomor antrian cantik 3-033 :)
Saya pun langsung ke arah Loket 10. Ternyata Loket 10 itu adalah sebuah ruangan, sodara-sodara. Pengertian saya mah, loket itu kan kayak bilik kecil layanan gitu yah, ternyata yang dimaksud Loket 10 ini mah ruangan. Mungkin maksud si Kanim pengen ada keseragaman penyebutan kali yah, jadi Ruang 10 = Loket 10. Oceh langsung saya menuju ke Loket 10. Di dalam ruangan itu ada deretan bangku tempat tunggu dan satu ruangan lagi untuk foto dan wawancara. Setelah menunggu selama 1 jam di ruang tunggu, saya mulai was-was apa bener disini tempat untuk foto dan wawancara? Karena dari tadi yang dipanggil yang antrian nomor depannya 5, sementara yang daftar onlen urutan angka depannya adalah 3. Jadi bertanya-tanya lagi, apa mungkin antrian foto dan wawancara untuk onlen beda ruangannya?

Saya mulai nanya ke petugas lagi. Ternyata emang disitu satu-satunya ruangan untuk foto dan wawancara, pun untuk yang onlen. Saya emang ga salah denger ternyata, waktu mbak petugas di loket 5 bilang kalo untuk foto dan wawancara yang daftar onlen nanti jam 1 siang. Jadi untuk antrian Foto dan Wawancara yang sebelum jam 1 siang itu adalah untuk mereka yang antri manual, yang dateng lagi ke Kanim untuk foto dan wawancara. Soooo…jadilah itu saya jamuran di Kanim nunggu 3 jam, dari jam 10 sampe jam 1 siang. Buat yang rumahnya deket sama Kanim atau bawa kendaraan pribadi, enak aja bisa pulang ke rumah dulu atau pergi kemanaaa gitu. Berhubung saya naek angkot dan tung itung akan ngabisin uang Rp 8000 buat bolak-balik rumah-Kanim, saya lebih memilih buat tetep nunggu di sana.

Setelah waktu menunggu yang terasa seperti seabad (hehehe), abis solat di mesjid Imigrasi, saya balik ke Loket 10 jam 1 kurang. Jam 1 teng, nomor urutan yang daftar onlen langsung dipanggil dengan cepat. Dalam waktu 30 menit, nomor saya udah dipanggil masuk. Di dalam, nunggu lagi buat foto. Nah jika selama ini kita hanya berupa nomor antrian, di dalam ruangan Foto dan Wawancara itu, NAMA kita yang akan dipanggil. Jadi denger baik-baik yaaa…
Captured dari ruang tunggu Loket 10. Di balik ruangan kaca di depan adalah tempat foto dan wawancara.

Pertama kita akan dipanggil untuk foto. Di sana, petugas akan konfirmasi nama lengkap, tempat tanggal lahir dan alamat rumah. Setelah foto, petugas akan meminta sidik jari. Selesai foto, nunggu lagi di ruangan yang sama untuk wawancara. Ga usah gugup pas diwawancara, nyante aja. Yang ditanya paling juga cuma mo kemana sama kerja dimana? Jawabnya yang singkat-singkat ajah. Seperti saiah ini…
 
Petugas: Kerja di PT Tribuwana Cahya Ananta ya?

Saya: Iya.

Petugas: Jadi reporter?

Saya: Iya.

Petugas: Reporter apa?

Saya: Majalah.

Petugas: Bikin paspor mo kemana?

Saya: Kepo amat sih (dalem hati). Ke Thailand.

Petugas: Ngapain?

Saya: Liburan.

Petugas: Jauh amat.

Saya: (senyum mesem)


Di tempat wawancara ini, si petugas juga akan meminta dokumen asli (KTP, KK, Akta Lahir, Surat Keterangan Kantor) untuk dicek lagi. Setelah itu, kita diminta untuk tandatangani paspor yang akan diambil nanti 3 hari kemudian, dan mendapat satu lembaran untuk pengambilan paspor. Naaahh selesai deeehhh. Jam 14.15 saya udah keluar dari ruang Foto dan Wawancara. Walau membutuhkan waktu lebih dari setengah hari, yang jelas lewat daftar onlen kita ga perlu dateng sampe dua kali untuk daftar (hari pertama) dan foto-wawancara (hari kedua). Semua urusan pendaftaran, foto dan wawancara selesai di hari itu juga. Jadi cukup ijin dari kantor satu hari aja kaan…


Tips:

- Persiapkan fotokopi dokumen yang diperlukan dan materai sejak dari rumah. Jadi ga usah repot buat fotokopi di Imigrasi, karena fotokopi di Kanim aja ngantri bow… Oia, jangan lupa fotokopi KTP di kertas A4, kertasnya jangan dipotong. Jadi biarin aja fotokopi KTP kamu ada di tengah-tengah kertas A4.

- Bawa buku atau gadget buat ngabisin waktu saat menunggu.

- Sinyal HP di Kanim diacak, jadi daripada bengong, minta password Wifi gratis di Customer Care Kanim (hal ini yang saya telat taunya. Baru tau kalo ada Wifi gratis di Kanim setelah balik lagi ke ruang tunggu Foto dan Wawancara jam 1 siang dan liat ada pengumuman: Untuk meminta password Wifi silakan ke Costumer Care -_-)
- Pakai baju rapih untuk foto, kalau bisa yang berkerah. Kalau ga siap, Kanim menyediakan blazer untuk dipinjamkan pas foto.

2 comments:

  1. Hai mba, makasih infonya bermanfaat banget.

    Kalo gak ada akte kelahiran asli gimana mba? Akte saya ga tau kemana -__-. Ada fotokopinya doang. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir, Siska... Untuk persyaratan yang itu, ga harus akte kelahiran kok... Akte lahir bisa diganti dengan Ijazah atau Akta Nikah (kalau sudah menikah)

      Delete