Kali ini mau share pengalaman saat ngebuat paspor via
online, nih. Jaman emang semakin canggih, sekarang Imigrasi Indonesia juga udah
ngebuka pendaftaran pembuatan/perpanjangan paspor via online, loh…. Cara ini cukup
memangkas waktu saat kita di kantor imigrasi, karena ga perlu dateng sampe dua
kali (buat pendaftaran, terus foto dan wawancara) sebelum pengambilan paspor
dan antrinya juga ga separah saat daftar manual. Di postingan selanjutnya saya
akan share pengalaman saya saat di kantor imigrasi.
Naaahhh buat kamu yang pengen daftar via onlen, langkah
pertama, kunjungi dulu website resmi Ditjen Imigrasi Indonesia di
imigrasi.go.id. Di kanal bagian atas ada tab layanan publik, dan di sana ada
sub-sub yang bisa dipilih. Untuk pendaftaran secara online udah ada tuh sub
kanalnya: layanan paspor online. Setelah ngeklik sub kanal itu, otomatis akan langsung
kebuka tab baru: ipass.imigrasi.go.id.
Laman web imigrasi.go.id |
Pengalaman saya, waktu mengunjungi website Imigrasi untuk
daftar onlen di pagi hari, entah kenapa saat ngeklik pendaftaran onlen, selaluuuu
ajaaa si laman ipass.imigrasi.go.id menampilkan tulisan webpage is not
available. Hadeuuuhhh sempet desperate setelah dua minggu nyoba, begituuuu
terus setiap hari. Sampe akhirnya mikir apa karena yang pengen daftar onlen
lagi banyak, jadi begitu yah websitenya. Nyoba buka di HP juga ga bisa…hiksss….
Akhirnya setelah berulang kali gagal nyoba di pagi hari, saya memutuskan buat
nyoba buka web-nya di malam hari. Harapannya: itu website udah bisa dibuka
karena traffic-nya ga sesibuk di pagi hari. Jadi aja dong saya buka itu web jam
10 malem. Setelah nunggu dengan deg-degan (kayak mo akad nikah aja :p) akhirnya
itu ipass kebuka jugaaaaa…Yiiiipppiiieee!!!
Buat kamu yang baru pertama kali bikin paspor bisa diliat
dulu syarat-syarat pembuatan paspor di website Imigrasi di kanal Layanan Publik
sub Paspor Biasa. Di sana disebutin persyaratan dan berkas apa aja yang harus
dilengkapi. Sebelum nge-klik pendaftaran paspor secara online memang lebih baik
dilengkapi dulu persyaratan-persyaratan untuk buat paspor itu, yaitu dengan
scan dokumen-dokumen yang diperlukan. Buat yang baru pertama buat paspor, HARUS
scan KTP, Kartu Keluarga, Akta Lahir/Ijazah. Kalau sudah bekerja, kalau bisa
lampirkan juga surat keterangan dari kantor. Kalau buat ibu rumah tangga siy ga
usah pake surat keterangan kerja yaaa…hehehe. Sementara buat yang perpanjangan
paspor karena habis masa berlaku, scan juga paspor yang lama. Kalau yang
paspornya hilang, tentu harus scan juga surat keterangan dari kepolisian.
Ini nih yang perlu dicatet saat semua dokumen udah di-scan
dengan format JPG, tolong perhatikan size dari dokumen kamu. Imigrasi mensyaratkan
size dokumennya antara 100 kb sampai 1,8 mb. Tapiiiii…pengalaman saya, size
dokumen yang mau kecantol sama Imigrasi cuma yang sizenya 100-150 kb, ga bisa
lebih dari itu. Saya sudah coba berkali-kali nyoba dengan size 300-500 kb,
hasilnya tetep ga bisa (sampe pengen garuk-garuk tanah karena ga bisa mulu
-_-). Akhirnya baru bisa setelah size dokumen di-resize lagi jadi 100-150 kb. Alhamdulillah….Emang
kudu sabar dan pantang menyerah, cuy! Kalau emang dokumen kamu sizenya besar,
coba di-resize lewat Microsoft Picture Manager, ya… Lewat Microsoft Picture Manager
ini size dokumennya bisa diperkecil dan diperbesar. Ada dokumen saya yang
sizenya di bawah 100 kb bisa diperbesar jadi diatas 100 kb dengan MPM itu.
Naaahh…setelah semua
dokumen sudah oceh, boleh deh itu diklik sub kanal Paspor Online. Setelah
kebuka laman ipass.imigrasi.go.id, kamu akan diminta untuk mengisi data pribadi
kayak nama, alamat, KTP, tempat tanggal lahir, email, no paspor (buat yang udah
punya paspor. Iya lah! :p), jenis paspor yang diinginkan (paspor 24 halaman/48
halaman/paspor elektronik), keperluan ke imigrasi (buat paspor
baru/perpanjangan paspor karena habis berlaku/hilang/rusak), dll. Setelah itu
klik Lanjut. Dan kamu akan langsung diarahkan ke laman untuk upload
dokumen-dokumen yang dipersyaratkan tadi. Tuuhh kaaann jadi emang lebih baik
udah disiapin dari awal scan dokumen-dokumen tadi. Di sana tinggal dipilih mau
upload file yang mana dulu, mau KTP dulu boleeehh, mau KK dulu boleehhh… Yang mana
aja dulu boleeehhh…Yang jelas semua persyaratan dokumen yang udah disebutin
tadi harus di-upload. Buat saya yang keperluannya perpanjangan paspor karena
habis masa berlaku, ada lima dokumen yang di-upload: KTP, KK, Akta Lahir, surat
keterangan kantor dan paspor lama. Setiap satu dokumen selesai di upload
otomatis akan langsung keliatan tuh hasil upload kita dalam grayscale.
Setelah semuanya sukses dan aman sejahtera di uplot (iya
lebay emang :p), langsung klik Lanjut. Laman akan langsung berganti ke
pemilihan Kantor Imigrasi mana yang mau kita datangi dan tanggal berapa. Yang
perlu DICATET adalah kalau ingin daftar paspor via online paling ngga harus
berjarak minimal dua hari kerja sebelum waktu kedatangan ke kantor imigrasi.
Contoh: Saya daftar via online hari Kamis, 20 Maret. Tanggal yang tersedia di
website Imigrasi mulai tanggal 24 Maret/hari Senin. Jadi ga bisa yaaa dadakan
gituh. Daftar hari itu, terus hari itu/besoknya langsung pengen ke Imigrasi ya
ngga bisa, mamiiihhh… Setelah memilih kantor imigrasi dan tanggalnya, kita akan
dapet surat permohonan konfirmasi pendaftaran paspor online yang akan dikirim
ke email yang sudah kita cantumkan di awal tadi.
Urusan sama website-nya Imigrasi selesai sampai disitu.
Langsung cek email kamu buat ngeprint surat permohonan pendaftaran online. Kamu
akan dapat dua halaman tanda terima pra permohonan, yang satu buat pemohon/bank dan
satunya lagi buat kantor Imigrasi.
Tanda Terima Pra Permohonan |
Di surat permohonan itu juga udah tertera
dengan jelas kalau kamu diminta udah selesai melakukan pembayaran paspor di
kantor cabang BNI terdekat sebelum pergi ke kantor Imigrasi. Jadi jangan sampe
lupa bayar dulu yaaaa…. Di sana juga udah tertera dengan jelas banget biaya
pendaftarannya: Rp 255 ribu. Tapi..berhubung kita pake layanan bank (BNI), maka
ada tambahan biaya administrasi sebesar Rp 5000, jadi total kita bayar Rp 260
ribu pas di bank. Jadi jangan bawa duit ngepas banget ya… Lagian mending nambah
Rp 5000 perak untuk bank daripada ratusan ribu rupiah buat calo kaaannn…
(*wink*) Nah setelah ke bank dan bayar, simpan baik-baik bukti pembayarannya
buat bukti di Imigrasi yaaa…
Tipsnya: lebih baik setelah melakukan pendaftaran online dan
ngeprint surat permohonan itu segera lakukan pembayaran ke bank hari
itu/besoknya. Saran saya kalau bisa ke banknya jangan pas barengan hari H ke
kantor Imigrasi. Soalnya biasanya kantor Imigrasi pun jam 7 pagi udah banyak
yang ngantri buat ambil nomor, termasuk bagi yang daftar onlen. Jadi daripada
nungguin bank buka jam 8 pagi baru ke Imigrasi di hari yang sama, mending udah
selesai urusan ke bank sebelumnya dan ngendon di kantor Imigrasi dari pagi buat
ambil nomor supaya ngantrinya ga terlalu lama. Tapi memang itu sesuai dengan
kenyamanan dan fleksibilitas waktu masing-masing orang aja siy, hehehe. Di next
post saya akan bagi pengalaman pas di kantor Imigrasi yaaa :)
No comments:
Post a Comment