Thursday 20 February 2014

It's Graduation Day!

Alhamdulillahhirabbil'alamin...Akhirnyaaaaa kelar juga perjuangan selama empat bulan terakhir di tahun 2013. Yes, finally I completed my study in University of Indonesia. Masa tempuh studi di UI ini mungkin ngga akan terlupakan, karena gw memasuki dunia akademi baru dengan mengambil konsentrasi ekonomi syariah dan di masa ini semua urusan kuliah ditanggung sendiri. Dengan background ilmu komunikasi di Unpad dulu, tentu ekonomi syariah menjadi hal baru yang harus dipelajari lagi.

Terus ngapain ngambil ekonomi syariah? Ini ngga terlepas dari urusan kerjaan sebenernya. Sebelum bekerja di tempat sekarang: Majalah Sharing (majalah ekonomi dan bisnis syariah), gw sempet ngendon selama 3,5 tahun di Republika, dimana kurang lebih 2 tahun diantaranya ditempatin sebagai reporter ekonomi syariah. Di blog Multiply yang dulu, gw sempet cerita soal awal jadi wartawan ekonomi syariah. Postingan blog itu udah diimpor ke blogspot ini dan bisa dibaca di sini.

Terus...bedanya lagi sama waktu S1 dulu yang semuanya masih harus ke orang tua, Alhamdulillah di studi kali ini dapet beasiswa dari UI, BNI dan Panasonic Gobel selama 4 semester. Jadi yaaa emang harus lulus tepat waktu, hehehe. Itu dia yang ngebuat September-Desember 2013 sesuatu bangeeett :p.

Waktu itu emang ngga nyangka bakal dapet rejeki dari Allah. I felt nothing to lose. Awalnya malah ngga yakin mau ikutan, karena sebenernya obsesi dari dulu pengennya dapet beasiswa ke LN. Tapi apa daya karena TOEFL ngga nyampe2 mulu batasan persyaratan minimum yang diminta, terus jadi mikir yah ngga ada salahnya lah buat dicoba. Pas ikutan tes di UI, ngga nyangka ketemu temen Koran Tempo yang juga ikutan tes. Terus jadi mikir lagi, waduh saingannya ternyata ngeri juga ya, hehehe.

Makanya, waktu hari H pengumuman gw malah ngga berusaha nyari info soal itu. Dan pas temen Republika, Indah, tiba-tiba ngasih selamat lewat SMS, gw kaget dan bingung. Haaahh??? Langsung deh buru-buru nelpon Indah, nanya kebenaran informasinya. Saat itu juga gw langsung jejingkrak kegirangan, padahal waktu itu lagi ada di warung makan (hahaha sabodo teuing). Di masa awal itu masih sempet ga percaya, kok bisaaa yaaa??? Allah kok baik banget sih sama gw. Hikhik jadi terharu... Setelah dapet rizki itu terus jadi kepikiran, mungkin Allah ngasih beasiswa supaya gw bisa lebih belajar mendalami soal apa dan bagaimana ekonomi syariah itu dan memang itu jalan hidup karir yang harus ditempuh. Di dalam benak gw, Allah seperti ngomong begini ke gw: ya kalo elo emang bener-bener mau menghidupi diri lo dari dunia bisnis dan ekonomi syariah, lo harus belajar yang bener.

Hari pertama kuliah langsung semangat, tidur larut malam juga jadi kebiasaan, karenaaaa tugas kuliahnya itu looo yang ga abis-abis. Setiap pekan pasti ada presentasi dan paper. Waktu akhirnya sampe di semester akhir, I really put myself into it. Sampeee dapet kabar kalo dosen pembimbing (dosbing) bakal pergi ke Maroko untuk post doc. Hwwhhaaaattt???!! Di 1,5 bulan pertama kelimpungan nyelesain tiga bab, supaya bisa seminar sebelum dosbing berangkat. Daaann...hasilnya ancur. Seriously. Cerita ke nyokap sama adek sambil mewek. Sahabat gw, Mia juga tau ceritanya deh, bagaimana gw down banget, ngerasa ga guna, dan nangis mewek-mewek sambil Whatsapp-an. But, they raised me up. Thank you, gals! I owe you. :)

Butuh waktu sampe dua minggu penuh setelah 'tragedi' seminar itu buat bener-bener bangkit dan ngerjain draft tesisnya lagi. Yes, I was that desperate. Habis dianggurin itu, langsung ngebut ngerjain tesisnya lagi, sampe akhirnya target sidang sebelum 2013 berakhir tercapai. Dosbing yang baru sampe tanggal 27 Desember langsung diseret untuk nyidang tanggal 31 Desember. Me and my three friends working our ass off on that day, while other people had prepared for new year celebration. Alhamdulillah semua peserta sidang hari itu bisa menyelesaikan semuanya. Rasa mules, pusing, deg-degan selama beberapa minggu akhirnya selesai juga.

Masa persiapan sidang tesis ini emang banyak tantangannya. Mendekati masa sidang itu gw di rumah sendirian karena bokap nyokap lagi ke Jawa, beruntung adek gw yang bontot, Gilang dan keluarga kecilnya nginep di rumah. Jadi ngga ngerasa sendirian-sendirian amat. Tapi ada satu hal lagi, sehari sebelum sidang, listrik rumah mati. Waktu itu sempet ngungsi ke tempat adek yang ga jauh dari rumah demi buat ngebaca tesis lagi. Tapi ya karena disana banyak orang juga jadi agak ga konsen belajarnya. Akhirnya mutusin balik lagi ke rumah jam 10 malam, berharap lampu udah nyala. Alhamdulillah udah nyala, dan yang ngga disangka-sangka ternyata mati lampu lagi jam 11 malem -____-.

Kali ini mau ga mau baca tesis sambil pake senter, yaaa abis mau gimana lagi coba? Udah terlalu malem kalo harus balik ngungsi. Jadi mau ga mau balik ke jaman dulu, baca dengan penerangan seadanya. Sampe akhirnya gw nyerah jam setengah 1 malem karena mata udah terasa capek, terlalu diforsir untuk baca dalam keadaan remang-remang. Gw salut sama kakek-nenek yang dulu belajar dengan penerangan apa adanya, karena gw yang baru 1,5 jam aja udah nyerah. Hikhik..

Sebuah blessing in disguise ketika gw dapet jadwal sidang jam 4 sore, karena artinya masih punya cukup waktu untuk baca-baca lagi, walau sambil ditemani dengan rasa mules yang ga abis-abisnya :p. Di masa-masa sebelum sidang ini pula berasa bener aura You'll Never Walk Alone. Bagaimanapun, dalam situasi apapun, sedih atau senang, hanya Allah SWT tempat bergantung. Dan yakinlah bahwa elo ngga akan pernah sendirian.

Short story, sampailah akhirnya setelah dinyatakan lulus, rasa senang dan terharu itu nyampur jadi satu. I have completed one chapter in my life, now I'm ready to embrace a new one. Let the new journeys begin!

PS: Di bawah ini adalah foto-foto waktu gladi resik wisuda. Toga yang dipakai itu udah dimodif karena kebesaran. Sebenernya udah mesen ukuran S, saat ngambil toga pun di plastik pembungkusnya stiker yang ditempel tulisannya size S, tapi pas dibuka ternyata toganya ukuran L, hadeuh... Akhirnya adik ipar, Marni, nyematin beberapa peniti di bagian bahu dan tangan. Walau masih keliatan kebesaran, tapi ga terlalu keliatan banget deh, hehehe. Alhamdulillah juga hari itu bokap nyokap bisa hadir, and last but not least, Mia and Aira. Can't say thank you enough to all of you guys! :D Oia, all of the photos below belong to Mia. Thank you!



Sama Emak dan Babe

Mia, Aira, and Me

This is what I wear underneath the toga

2 comments:

  1. Cie ciee... sweet suiit.... selamat ya yogieee entah untuk ke berapa kali. Pokonya traktir... traktiiiir (tereak dr puncak gunung)

    ReplyDelete
  2. Hahaha iya deh...Insya Allah weekend ini kan?

    ReplyDelete