Monday 5 September 2011

My First Adventure Alone - Destination: Wakatobi, Second Stop: Baubau

Memasuki hari ketiga 'my first adventure alone', gw masih belum juga sampe di Wakatobi. Deuuuhhh..perjalanan panjang banget rasanya. Semua agenda pun meleset satu hari dari rencana awal, tapi gw nggak peduli. Nyang penting pada akhirnya gw bakal sampe Wakatobi.

Perjalanan muter-muter dulu ke Baubau ternyata membawa berkah tak terduga. Gimana enggak? Dapet tempat penampungan sementara jadi gw bisa mandi dan istirahat dengan layak (jiaaahhh..), dianterin muter-muter Baubau jadi ngga perlu keluar duit , wisata kuliner, dan kenalan dengan temen baru..!

Sampe di pelabuhan Baubau gw udah ditungguin sama Kak Andy, penduduk lokal yang berprofesi sebagai jurnalis. Kak Andy ini temennya Kak Kiki dan gw udah dikasih nomornya sejak gw masih di Makassar. Duhhh beneran deh gw utang terima kasih banyak banget sama Kak Kiki..

Singkat cerita, gw turun dari kapal dengan kondisi kucel, bau, capek abis. Berbekal HP dengan nomor baru gw hubungi Kak Andy. Celingak-celinguk kanan kiri karena belum pernah ketemu orangnya, akhirnya gw ketemu juga sama Kak Andy yang lagi nangkring deket meja petugas. Setelah kenalan, gw langsung ngejogrok di atas motornya untuk menuju rumah Kak Andy yang ternyata ngga terlalu jauh dari pelabuhan.

Rumahnya sederhana tapi hangat. Seluruh anggota keluarganya pun ramah. Yang bikin mupeng adalah bagian belakang rumahnya langsung berbatasan dengan laut. Kak Andy juga cerita kalau lagi pengen nyelam, dia mah tinggal nyemplung aja ke laut belakang. Duuhhh pengennnn..

Pas sampe di rumah Kak Andy gw langsung tanya lokasi kamar mandi. Nggak sabar pengen mandi..badan lengket dan bau, bo..Nggak tau deh dalam hati kira-kira Kak Andy itu bilang apa ya ngeliat gw kucel banget turun dari kapal. Heuheuheu.. Sabodo teuing..

Eniwei, setelah mandi dan sarapan, gw langsung diajak keliling sama Kak Andy. Katanya mo nganterin gw liat pantai Nirwana. Uh yeah ngedenger namanya, gw langsung ngebayangin dan berharap pasti pantainya bagus dan bersih seperti nirwana..

Tapi..sebelum melesat ke Pantai Nirwana, gw 'ditarik' Kak Andy dulu ke Kejaksaan Negeri Baubau. Huehhhh..baru nyampe Baubau langsung kena kasus??? Sori lah yauw.. Berhubung yang jadi guide saya di Baubau adalah jurnalis, jadi mau ngga mau saya teteup ikut liputan juga. Kebetulan di Kejari lagi ada demo. Okelah meluncurrrr bos...

Sesampainya di sana, gw kenalan lagi sama temen-temen jurnalis Baubau. Ada Kak Riza, Kak Jamil, Erdi dan Kak Helmi. Mereka adalah kontributor stasiun televisi nasional. Terus gimana suasana demo di Kejari Baubau? Hmmm..biasa saja ternyata. Cuap-cuap sebentar terus pada bubar.


Yang bikin agak beda malah waktu para pendemo itu pulang. Pendemo itu pan pada nyewa mobil pickup dengan speaker besar dan mic yang ditaro di atas bak. Nah..selesai cuap-cuap, speaker itu nggak disia-siain sama para pendemo. Lagu dangdut pun langsung digeber sama pendemo untuk menemani selama perjalanan pulang. OMG! Di Jakarta gw belum pernah liat ada orang abis pulang demo terus pasang musik sekeras itu. Baru kali itu gw liat abis demo terus pada nge-dangdut..Ahaayyy tarik manggg! 

Abis dari Kejari Baubau gw langsung dianter ke Pantai Nirwana. Rombongan sama Kak Riza, Kak Jamil dan Kak Andy. Cuaca di Baubau siang itu cukup panas, tapi itu nggak menyurutkan langkah gw untuk eksplorasi dong. Ha-ha-ha-ha...

Menyusuri jalan ke Pantai Nirwana gw nggak nyangka kalau jalanannya saat itu belum tertata dengan baik. Padahal ya ampun..Pantai Nirwana itu potensial banget! Airnya jernih, pasir putih, teduh karena banyak pohon kelapa.

Jalanan besar menuju ke Pantai Nirwana dua tahun lalu masih ada yang belum diaspal. Pintu masuk ke pantai itu juga seadanya. Hanya ada sebuah pos penjagaan dari kayu yang lapuk. Plang pintu masuk ke Nirwana hanya ditunjukkan dengan sebuah papan besi dengan ukuran sekitar 10x10 meter. Ngga ada gapura besar yang menunjukkan kalau di balik itu ada pantai yang luar biasa indah. Di kanan kiri jalan masuk juga terlihat sejumlah pohon kering dan ada beberapa pohon yang ditebang. Yah..kesan tandus dan pepohonan yang mengering di Baubau mungkin hal biasa karena di sana, katanya, memang jarang hujan.

Oke, masuk ke Pantai Nirwana gw cukup bayar tiket dengan harga Rp 1000. Yup betulll..cuma bayar Rp 1000 elo dapet wisata pantai yang ngebuat mata jelalatan kemana-mana. Ini dia yang gw suka!
Pas masuk ke Pantai Nirwana, Subhanallah! Ugh KEREN ABIS! Airnya biru kehijauan, pasir halus dan berwarna putih, banyak karang yang bentuknya bagus-bagus. Duuuhh coba baju renangnya gw bawa, gw pasti bakal langsung nyemplung kesana! Sayangnya tu baju renang gw tinggal di tas gede..Hiks! Jadi gw harus berpuas diri aja dengan hanya nyelup-nyelupin kaki di pinggiran pantai. Nasip...

Setelah puas maen-maen aer, gw diajak mampir ke Pantai Lakeba, ngga terlalu jauh dari Nirwana. Tapi kalau dibandingin dengan Nirwana, suasana di Lakeba masih jauh lah. Air laut pantai Lakeba memang sama jernihnya dengan Nirwana, tapi area untuk bermain-main di pasirnya nggak sebagus Nirwana.

Setelah mampir sebentar ke Lakeba, perjalanan berlanjut ngelewatin sebuah pemukiman di Kelurahan Sulaa, tempat para penenun kain Buton. Di sana terlihat rumah penduduknya berupa rumah panggung. Aktivitas penenun pun bisa dilihat di bawah rumah panggung. Salah seorang ibu yang kita samperin bilang kalo setiap bulannya dia bisa menghasilkan 3-4 kain dan dijual seharga Rp 120 ribu per helai. Hmm..saya sebenernya tertarik sama kain Buton itu, tapi karena duit pas-pasan ya apa boleh buat. Terpaksa lewat aja deh..Hehehe...

Wisata pun terus lanjut ke Benteng Keraton yang diklaim sebagai benteng terluas di dunia. Perjalanan ke sana lumayan juga bow..jalanannya nanjak terusss. Maklum benteng itu memang terletak di dataran yang agak tinggi di Baubau. Sesampainya disana saya diajak keliling mengitari benteng sepanjang kurang lebih 2740 meter itu. Jangan sangka di dalam benteng bakalan sepi-sepi aja. Ternyata di dalam benteng itu aktivitas penduduk masih terlihat, walau penduduk yang tinggal di dalam benteng itu dibatasi. Hanya turunan dari anggota keluarga kerajaan Buton saja.

Siang itu kita cuma keliling ngelewatin Benteng aja, karena Kak Andy dan yang laennya janji mo ngajak balik lagi ntar sore buat ngeliat sunset. Hmm..okelah kalow begitu, gw manut wae.

Setelah capek keliling gw diajak minum es kelapa. Nggak tanggung-tanggung Kak Jamil ngajakin makan es kelapa muda di tukang yang mangkal di samping pekuburan. Onde mande... Es kelapa di tengah siang hari bolong emang paling ajib.. Selain dikasih gula merah, es kelapa itu juga dikasih susu kental manis. Hmm suegernya, rek!

Abis keliling-keliling, gw dianter lagi ke rumah Kak Andy. Makan siang di tempat sepupunya yang lagi kumpul, terus istirahat sampai sore nungguin temen-temen yang lain selesai liputan. Pas jam 17.10 WITA, baru deh gw diajak balik lagi ke Benteng Keraton, benteng yang konon katanya batu-batu hitam yang disusun direkatkan sama putih telur.

Wuih..pemandangan dari benteng itu bener-bener bagusssss...Laut biru, beberapa pulau kecil di sekeliling Baubau, sama kapal-kapal nelayan..Hmm nusantara Indonesia memang indah, ciptaan Tuhan memang ndak ada yang bisa menyaingi. Indonesia, dangerously beautiful!

Abis dari Benteng Keraton, jepret sana sini, dan bergaya, gw diajak ke kantor Walikota Baubau yang letaknya lebih keatas lagi. Temen-temen bilang pemandangannya bakal lebih bagus disana. Oh yeah mareee lanjuttt!

Ternyata oh ternyata, saudara-saudara...itu kantor walikota jauhhhh aja. Terletak di atas bukit sendirian, sementara banyak dari dinas pemkot ada di bawah. Jalanan menuju kantor Walikota juga sepi dan gelap. Lampu jalanan baru keliatan tiangnya pas sekitar 100 meter dari kantor pemerintahan itu.

Menurut info temen, daerah di sekitar walikota itu disebut Palimaja yang artinya sejauh mata memandang. Dari atas situ kita emang bisa melihat hampir keseluruhan pemandangan Kota Baubau. Sayangnya pas sampe atas hari sudah gelap. Jadi yang keliatan dari atas hanya lampu-lampu rumah penduduk sama kelap-kelip lampu kapal. Saya cuma bisa ngebayangin pasti kalo hari masih terang pemandangan di sana bagus banget.

Abis dari Palimaja, temen-temen pada ngajak nongkrong di Wantiro, tempat nongkrongnya kawula muda (halah bahasanya!) Baubau. Dalam perjalanan ke sana kami melewati alun-alun Baubau, dimana ditengah alun-alun terdapat sebuah patung naga yang cukup besar.

Menurut Erdi, naga adalah salah satu lambang Kesultanan Buton, selain nanas. Naga menjadi simbol kekuatan, sedangkan nanas adalah lambang raja dan menteri-menterinya (daun nanas paling atas melambangkan raja dan sisik-sisik nanas melambangkan para menteri). Saya juga dikasih tahu kalau setiap rumah panggung di Buton juga biasanya menaruh lambang naga atau nanas di atas atap atau pintu masuk rumah. Pas saya perhatiin bener juga..setiap rumah pasti ada dekorasi nanas atau naga. Baru ngeh pas dikasih tau sama Erdi...Duh..

Sekitar pukul 19.00 WITA kami akhirnya sampai di Wantiro. Tempat nongkrong yang terletak di bukit yang langsung berbatasan sama laut. Wantiro sebenernya mirip kayak tempat nongkrong di pinggir pantai Ancol, tapi bedanya Wantiro ini lokasinya lebih tinggi karena berada di bukit. Di Wantiro terdapat beberapa pedagang dengan gerobak yang berjualan berbagai macam minuman dan makanan ringan. Sementara pengunjung bisa duduk di kursi dan meja yang sudah disediakan menghadap ke laut lepas.

Di Wantiro gw mencoba Saraba, minuman wedang jahe dikasih susu. Hmm malem-malem minum Saraba badan jadi anget...Kita ngobrol-ngobrol sambil ngemil bakwan dan lontong...Hingga tiba-tiba, byaar pet! Mati lampu bo...Dan itu nggak hanya terjadi sekali, tapi tiga kali. Udah kayak minum obat aje... Tapi walau mati lampu sampe tiga kali, lagi-lagi kejadian yang tidak terduga itu membawa berkah. Karena....gw bisa lihat bintang-bintang bertaburan di atas...Uhhhh indahnya... Sebelumnya emang bintang-bintang itu ngga keliatan karena kalah sama sinar lampu. Cuma ada satu bintang yang keliatan terang banget...Satu bintang itu juga yang akhirnya menemani perjalanan gw malam ini di kapal dari Baubau menuju Wanci.

Ya..hari itu juga gw akan meninggalkan Baubau. Berangkat naik kapal kayu jam 21.00 WITA dari pelabuhan Baubau. Itungannya gw memang cuma sekitar 14 jam di Baubau. Sampe di pagi harinya saat KM Tata Mailau bersandar di pelabuhan Baubau pukul 07.00 WITA dan malamnya gw mesti ke pelabuhan lagi untuk meneruskan perjalanan ke Wanci.

Hmmm..gw memang hanya numpang lewat aja di Baubau, but all of the experiences I had in the last 14 hours are priceless. I thanked you to all of my new friends in Baubau. I do really hope I could visit Baubau again, someday...

2 comments:

  1. Yogaaayyyy... Napa kerjaan lo jadi traveling gini??? Huhuhuhu mupeng... Mau dunksss gw diajak.. Mupeng mupeng mupeng..

    ReplyDelete
  2. Hehehe ini mah cerita travelling dua tahun lalu, poye...nekat aja berangkat sendirian karena udah puyeng sama kerjaan. Kita backpacking-an bareng yuk..pan sama-sama pecinta jalan-jalan..:D Gw ma Nisa rencana tahun depan pengen backpacking-an tapi belum tau mo kemana..hehehe. Any idea?

    ReplyDelete