Sunday 5 May 2019

Cara Apply Bebas Visa Jepang

Visa Waiver Jepang
Setelah berburu tiket ke Jepang tahun lalu, saatnya buat visa. Sebagai pemegang e-paspor alias paspor elektronik, pemohon visa bisa gratis ngajuin langsung ke Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang. Ngajuin visa Jepang ini simpel dan cepet banget. Hanya bawa formulir dan paspor, visa Jepang jadi dalam waktu 1 hari kerja aja. Apply hari ini, visa jadi besoknya. So, today's post looks like gonna be a short one. Hehehe. 

Saya berencana liburan ke Jepang sekeluarga. Yang dimaksud satu keluarga disini, selain suami dan anak saya, adalah orang tua saya, adek dan pasangannya, juga keponakan. Total rombongan ada 11 orang. Tapi, yang punya e-paspor cuma saya dan anak saya. Jadi yang apply visa waiver ke Kedubes Jepang cuma kami berdua. Yang lain apply visa via VfS. 

Terus gimana apply visa waiver di Kedubes? Prosesnya gampang banget. Cukup print dan isi formulir yang ada di link ini: https://www.id.emb-japan.go.jp/visa_waiver2018.html. Terus bawa formulir dan e-paspor ke Kedubes Jepang. Lokasi kedubes ada di Jl MH Thamrin, pas di depan eX Plaza Indonesia. Untuk pengajuan visa waiver dibuka dari jam 09.00-12.00.

Nah, liburan ke Jepang rencananya akan dilakukan awal Maret. Namun, saya udah ngajuin visa dari akhir Januari. Sebenernya kalo mo ngajuin visa di Februari juga bisa karena prosesnya cuma 1 hari kerja, tapi saya ajuin di Januari karena sekalian jalan ke VfS buat apply visa Jepang untuk anggota keluarga saya.

Untuk menuju Kedubes Jepang, jika memakai kendaraan pribadi, maka bisa parkir di Plaza Indonesia. Buat yang naek Transjakarta, halte busway terdekat adalah Halte Bundaran HI. Dari Plaza Indonesia ke Kedubes tinggal ngesot aja karena lokasinya pas banget di depannya. Tinggal keluar aja dari Lobby Thamrin atau Lobby The Plaza. Dari pinggir Jl MH Thamrin, kantor Kedubes juga udah keliatan dengan tanda ada bendera Jepang yang berkibar di tiang. 

Saat masuk Kedubes tinggal bilang aja ke petugas keamanan kalo kita mau apply visa. Pas masuk ke dalam, kita akan diminta untuk menukar KTP dengan akses masuk. Setelah dari pos penukaran ID, masuk lagi ke dalam untuk pemeriksaan barang bawaan. HP boleh dibawa tapi nggak boleh dipake di dalam ruangan. Selanjutnya, baru deh ke ruangan apply visa.

Saat masuk ke dalam ruangan akan ada petugas satpam lagi yang berjaga dan membantu mengarahkan untuk ambil nomor antrian. Kalau kamu belum isi formulir visa, maka bisa isi dulu disana. Formulirnya sudah disediakan. Tapi, kalau sudah isi formulir, maka kita akan langsung diminta untuk isi selembar kertas kecil dua rangkap. Di kertas ini kita hanya diminta untuk isi nama, nomor paspor dan nomor telepon saja. 


Kertas untuk pengambilan paspor

Selanjutnya tinggal nunggu antrian aja. Nah, didalam ruangan ada lima loket. Tiga loket dipakai untuk apply visa, sementara sisanya sepertinya dipakai untuk pengurusan WN Jepang yang tinggal di Indonesia. Namun, saat itu untuk apply visa hanya dua loket aja yang dibuka. 

Saat disana, yang apply visa cukup rame tapi antriannya cukup cepat. Saya cuma nunggu sekitar 10-15 menit aja. Nah, untuk antrian apply visa di Kedubes Jepang kita cukup liatin layar kecil aja yang ada di atas setiap loket. Saat nomor antrian berubah, ada notifikasi bunyi 'tring' jadi kita selalu terinformasi. Kalo misalkan kita lagi bengong dan nggak ngeh, petugas loket akan manggil nomor antrian pake toa. Jadi insya Allah nomor antrian nggak terlewat. Lagian ruangan apply visa sunyi, nggak banyak orang yang ngobrol. Sekalinya saya ngobrol sama adek itu pun dengan suara rendah. Jadi pasti bunyi notifikasi antrian akan kedengeran lah ya.. Hehehe 

Saat nomor antrian saya tiba, saya segera menggendong anak saya menuju loket. Nggak tau sih tindakan saya itu sebenernya diperluin apa ngga. Tapi daripada bolak balik, saya bawa aja anaknya biar dilihat sama petugasnya, hehehe. Abis itu, langsung deh serahin formulir, e-paspor, dan kertas kecil ke petugas. Saat itu saya juga bawa berkas KK sama akta lahir anak saya, tapi ternyata nggak ditanyain. Jadi ternyata emang cuma formulir dan e-paspor aja. As simple as that. 

Cuma sekitaran 5 menit aja di loket, terus udah kelar. Petugas lalu akan ngasih rangkap kedua kertas kecil tadi sebagai bukti pengambilan paspor besok. Di kertas kecil itu tertera jelas pengambilan paspor bisa dilakukan pada pukul 13.30-15.00. Abaikan tulisan disitu yang jelasin kalo proses visa 4 hari kerja, karena petugasnya ngomong dengan jelas kalo paspor udah bisa diambil besok. And, that's it. Proses pengajuan selesai. Saatnya ambil paspor besoknya :)

Sesuai waktu yang diminta oleh Kedubes Jepang, saya pun balik lagi kesana esok harinya. Pas sampe sana tinggal bilang aja ke satpam kalo mo ambil paspor. They already know the procedure. Saat ambil paspor ini malah lebih cepat lagi. Setelah ambil nomor antrian, nggak sampe 10 menit udah dipanggil. Saat di loket tinggal serahin kertas kecil buat ambil paspor. Petugas akan langsung ngasih paspornya tanpa basa basi. Saat itu saya masih belum tau paspor saya dan anak dikasih visa waiver apa nggak, karena petugas nggak ngasih liat bagian dalam paspor. Agak deg-degan pas buka bagian dalam paspor. Dan, Alhamdulillah ternyata kami dapat visanyaaa... Yiiipppiiieee... 

Untuk visa waiver ini berlaku selama 3 tahun dengan maksimal masa tinggal 15 hari. Bisa bolak balik deh tuh ke Jepang selama 3 tahun tanpa harus ngajuin visa lagi. Alhamdulillah ternyata proses visa waiver untuk pemegang e-paspor emang mudah banget. Ngga nyangka akhirnya bisa ke Jepang juga, heuheu. Next saya akan sharing pengajuan visa Jepang bagi pemegang paspor biasa, ya.. 

No comments:

Post a Comment